KAMIS , 13 DESEMBER 2018

Unhas dan JICA Lakukan Pemetaan Derah Rawan Bencana di Lutim

Reporter:

get_the_user_login

Editor:

Lukman

Kamis , 08 Maret 2018 23:58
Unhas dan JICA Lakukan Pemetaan Derah Rawan Bencana di Lutim

Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, Dr. Eng Hendra Fachri.ST.M.eng bersama Netra Prakash Bhabdary Phd. Eng dari Jica Jepang saat turun memantau lokasi bencana di Lutim.

MALILI, RAKYATSULSEL.COM – Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, Dr. Eng Hendra Fachri.ST.M.eng bersama Netra Prakash Bhabdary Phd. Eng dari Jica Jepang turun ke Kabupaten Luwu Timur untuk melakukan Pemetaan di wilayah yang rawan bencana lam.

Mereka melakukan kegiatan ini untuk membantu pemerintah Lutim untuk mewaspadai daerah-daerah yang masuk dalam rawan bencana. Selain melakukan pemetaan wilayah, Jica juga ingin membantu Pemkab Lutim dalam menangani bencana.

Salah satu tempat yang di datangi adalah Desa Maliowo lokasi yang pernah mengalami longsor. Keduanya di dampingi Wakil Bupati Lutim Irwan Bachri Syam, Kamis (8/3).

Menurut Irwan Bachri Syam, pemerintah menyambut baik kegiatan yang dilakukan Jica dan Unhas tersebut. Pemerintah Lutim siap membantu karena program ini tujuannya memetakan wilayah rawan bencana alam.

“Ini sangat bagus, setidaknya kita memiliki gambaran seputar lokasi bencana di Lutim, dan ini juga akan membuat kita bisa lebih waspada,” ujar Irwan.

Selain mendatangi bekas Longsor Maliowo, mereka juga mendatangi wilayah di Nuha dan Towuti. Kegiatan mereka ini sangat membantu apalagi saat ini wilayah Luwu Timur memasuki musim penghujan. Otomatis ancaman bencana banjir dan tanah longor itu selalu ada dan ini harus diwasapadai untuk tindakan pencegahan. (*)


div>