SELASA , 24 JULI 2018

Unhas Wakili Indonesia di Ajang Kompetisi Paduan Suara Internasional Terbesar di Dunia

Reporter:

Anti

Editor:

Lukman

Minggu , 01 Juli 2018 23:00
Unhas Wakili Indonesia di Ajang Kompetisi Paduan Suara Internasional Terbesar di Dunia

Paduan Suara Mahasiswa Universitas Hasanuddin (PSM Unhas) akan mengikuti World Choir Games South Africa 2018.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Paduan Suara Mahasiswa Universitas Hasanuddin (PSM Unhas) akan mengikuti World Choir Games South Africa 2018 yang akan berlangsung di Kota Tshwane, Provinsi Gauteng (sekitar 90 km sebelah utara Johannesburg), Afrika Selatan, 4-14 Juli mendatang.

World Chois Games merupakan event terbesar kompetisi antara kelompok paduan suara amatir seluruh dunia, yang tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ke-10. Ratusan kelompok paduan suara dari 43 negara akan berlaga pada event tahunan yang diselenggarakan oleh Interkultur Foundation.

Terdapat 3 kelompok paduan suara dari Indonesia akan berpartisipasi pada ajang ini, dimana PSM Unhas merupakan satu-satunya wakil perguruan tinggi Indonesia. Dua kelompok lain adalah dari Provinsi Papua.

Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) PSM Unhas, Andi Baso Chandra Buana Ma’ruf, mengatakan bahwa PSM Unhas akan mengikuti dua kategori, yaitu Pop Show dan Scenic Folklore.

Pada kategori Pop Show, PSM Unhas akan membawakan empat lagu yaitu Pop Indonesia, Pop Asia non Indonesia, Pop Barat Modern dan Pop Barat sebelum tahun 1950. Sedangkan untuk kategori Scenic Folklore, PSM Unhas akan menampilkan ‘Pesona Sulawesi Selatan’ yaitu: Pengantin Adat Bugis, Prosesi Pembuatan Perahu Phinisi Makassar, dan Upacara Mangrara Tongkonan di Toraja.

Ketiganya dikemas apik dalam bentuk gerak dan lagu yang menonjolkan musik, vokal etnik, tarian dan kostum tradisional tiga etnis yang ditampilkan. Untuk mempersiapkan kompetisi ini, PSM Unhas dibimbing oleh Arik Anshari Sanusi selaku conductor merangkap pelatih vokal, pelatih koreo, penata kostum, yang juga berperan sebagai manager PSM UNHAS.

“Persiapan kami lakukan setahun yang lalu dengan latihan intensif hampir setiap hari,” kata Arik.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Ir. Abdul Rasyid Jalil, M.Si mengatakan dirinya sebagai pimpinan Unhas memberikan dukungan maksimal pada tim PSM Unhas. “Tim Insya Allah akan bertolak ke kota Johannesburg pada tanggal 2 Juli 2018,” kata dosen Kelautan dan Perikanan yang akrab disapa Pak Cido.

PSM Unhas merupakan kelompok paduan suara mahasiswa yang telah menorehkan berbagai prestasi internasional. Pada tahun 2017 lalu, PSM Unhas berhasil meraih juara pertama kategori Folklore pada American Internasional Choral Festival di New Jersey, Amerika Serikat. Sehingga tidak berlebihan jika tahun ini PSM Unhas bertekad meraih kembali juara pada ajang World Choir Games di Afrika Selatan ini.

“Kami sangat mengharapkan do’a restu dari masyarakat Indonesia pada umumnya dan Sulawesi Selatan pada khususnya, semoga kami dapat menampilkan yang terbaik dan mencapai target juara,” tandas Andi Baso Chandra Buana Ma’ruf. (*)


div>