SENIN , 19 NOVEMBER 2018

Unismuh Tingkatkan Kerjasama dengan UMJ dan Uhamka

Reporter:

Editor:

faisalpalapa

Kamis , 30 Maret 2017 12:09
Unismuh Tingkatkan Kerjasama dengan UMJ dan Uhamka

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Setelah membina kerjasama dalam bentuk pengiriman mahasiswa, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar meningkatkan kerjasama dengan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) dan FKIP Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka) Jakarta.

Ketiga fakultas ini telah sepakat mengadakan Seminar Akademik dengan melibatkan mahasiswa Program Pascasarjana dan dosan dari masing-masing perguruan tinggi.

“Kegiatan ini akan dilaksanakan secara bergilir dengan melibatkan dosen dan mahasiswa pascasarjana dari masing-masing perguruan tinggi,” kata Dekan FKIP Unismuh Makassar, Erwin Akib PhD, kepada wartawan di Makassar, Rabu (29/3).

Kesepakatan itu, kata dia, diperoleh pada acara penarikan mahasiswa FKIP Unismuh Makassar yang melaksanakan Program Pengembangan Profesi Keguruan (P2K) Nasional atau Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pendidikan Nasional Persyarikatan Muhammadiyah, di Kampus UMJ dan di Kampus Uhamka, Sabtu, 25 Maret 2017.

Tentang pelaksanaan P2K Nasional, Erwin mengatakan, mahasiswa FKIP Unismuh Makassar yang mengikuti P2K Nasional sebanyak 52 orang, terdiri atas mahasiswa Program Studi Pendidikan Sosiologi, mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika, mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, serta mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika.

“Mereka mengikuti Program P2K selama satu bulan di Jakarta dan ditempatkan di sekolah-sekolah mitra UMJ dan Uhamka,” jelas Erwin, seraya menambahkan bahwa Program P2K Nasional di Jakarta sudah dua tahun berturut-turut dilaksanakan FKIP Unismuh Makassar, tetapi tahun lalu kerjasamanya hanya dilakukan dengan Uhamka.

Program P2K Nasional tersebut, katanya, dirintis oleh Dekan FKIP Unismuh yang ia gantikan, yakni Dr H Andi Sukri Syamsuri MPd.
Andi Sukri yang dimintai penjelasannya mengenai Program P2K Nasional mengatakan, kegiatan tersebut diadakan karena mahasiswa butuh wawasan yang lebih luas dan perbandingan dengan perguruan tinggi lain.

[NEXT-RASUL]

“Mahasiswa butuh wawasan yang lebih luas dan perbandingan dengan perguruan tinggi lain, inilah yang mendasari sehingga kami mengadakan P2K Nasional. Malah kami juga punya program P2K Internasional dan itu sudah tiga tahun kami laksanakan,” papar Andi Sukri.

Khusus P2K reguler, FKIP Unismuh Makassar menerjunkan 1.500 mahasiswa ke beberapa kabupaten di Sulawesi Selatan, terdiri atas 700 mahasiswa di Kabupaten Maros, serta 800 mahasiswa di Kabupaten Pangkep. (*)


div>