SENIN , 20 AGUSTUS 2018

UNM Latih IGI Maros Kelola Jurnal Ilmiah

Reporter:

Editor:

Lukman

Minggu , 29 Juli 2018 19:20
UNM Latih IGI Maros Kelola Jurnal Ilmiah

Tim Pengabdi Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Makassar, Pelatihan Penulisan Artikel dan Manajemen Tata Kelola Jurnal Ilmiah kepada IGI Maros.

MAROS, RAKYATSULSEL.COM – Publikasi artikel ilmiah melalui jurnal menjadi salah satu kebutuhan pengembangan karier guru. Untuk meningkatkan karier, guru dituntut menghasilkan publikasi artikel. Permasalahannya, tidak banyak jurnal ilmiah yang dikelola guru sehingga kesempatan publikasi menjadi terbatas.

Menyadari hal tersebut, Tim Pengabdi Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas  Negeri Makassar yang terdiri atas Dr. Muhammad Saleh, M. Pd. dan Dr. Sultan, M. Pd. bersama Ikatan Guru Indonesia Kabupaten Maros menginisiasi pengadaan jurnal ilmiah bagi guru.
Kelak IGI Maros akan mengelola sendiri jurnal yang ditujukan bagi guru. Inisiasi itu dimulai dengan Pelatihan Penulisan Artikel dan Manajemen Tata Kelola Jurnal Ilmiah yang dilaksanakan sebagai skim Program Kemitraan Masyarakat tahun 2018 yang dilaksanakan, Sabtu (28/7).

Bertempat di SMK Salewangan, para guru dan calon editor memperoleh pelatihan tim pengabdi. Melalui kesempatan itu, disepakati pembentukan Jurnal Pedagogi yang akan dikelola IGI Maros.

“Tim pengabdi akan mendampingi pengelola sampai edisi perdana ini tuntas diterbitkan,” kata Sultan, tim pengabdi yang sehari-hari menjadi Editor-in-Chief RETORIKA, jurnal terakreditasi Ristekdikti dan terindeks internasional.

Khairiyah, S. T, koordinator kegiatan dari IGI Maros menyambut gembira atas terpilihnya IGI Maros sebagai mitra kegiatan. “Kami berharap bahwa kegiatan ini dapat membantu guru menghasilkan artikel ilmiah yang terbit di Jurnal Pedagogi,” katanya.

Ketua tim pengabdi, Muhammad Saleh, melanjutkan bahwa pasca kehadiran jurnal nanti, pihaknya akan tetap memberi pendampingan. “Kita bantu memiliki dan mengelola jurnal. Setelahnya, kami tetap bersedia mendampingi,” tambah Ketua Jurusan Bahasa Indonesia ini. (*)


Tag
  • IGI Maros
  •  
  • unm
  •  
    div>