SELASA , 16 OKTOBER 2018

UNM Menuju Kampus Perubahan dan Berdaya Saing

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Sabtu , 30 Januari 2016 12:02
UNM Menuju Kampus Perubahan dan Berdaya Saing

int

MAKASSAR,RAKYATSULSEL.COM – Sungguh keputusan besar dan berat bagi guru besar Dekan Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar (UNM), Prof Dr Husain Syam MTp, untuk menyatakan dirinya mengikuti proses pemilihan Rektor UNM periode 2016-2010.

Guru besar bidang teknik ini, mengatakan, dirinya maju berkompetisi di kursi Rektor UNM merupakan keputusan yang besar dan sulit, karena jabatan rektor adalah jabatan tertinggi dalam perguruan tinggi yang menuntut kemampuan manajerial kalaboratif yang tinggi.

Menurutnya, hal itu sebagai sebuah keputusan berat, karena mengambil keputusan tersebut merupakan kemenangan dalam peperangan melawan diri sendiri. “Saya sudah berperang melawan diri sendiri. Itu sebabnya saya istiqomah untuk tetap maju.  Walaupun ini saya anggap besar dan berat, tapi saya berharap bisa bekerja sama dan berkolaborasi dengan stekholder. Sayapun tidak akan cukup jika tidak ada bantuan yang lain untuk menggapai impian kursi rektor UNM,” ujarnya, kemarin.

Mantan Ketua Asosiasi Pendidikan Teknologi Kejuruan se-Indonesia (Aptekindo) ini, mengungkapkan, keinginan kuat dari hati yang mendalam disertai dukungan dari segenap komponen civitas akademika yang kian mengukuhkan semangatnya untuk menghibahkan tenaga dan pikiran mendorong dirinya maju bersaing jadi kandidat rektor UNM dan memimpin kampus orange tercinta.

“Sunggu saya menyadari bahwa saya lahir serta tumbuh dan berkembang di almamater tercinta UNM. Bagi saya IKIP Ujung Pandang cikal bakal UNM sekarang bukan hanya menjadi tempat pengabdian, melainkan juga menjadi tempat penempaan dan penggemblengan dalam membentuk karakter akademik, mulai dari status mahasiswa, kemudian diangkat menjadi dosen lalu diamanahkan sebagai ketua jurusan, dan hingga menjabat dekan di almamater tercinta ini,” terangnya.

Ayah dua anak ini, menjelaskan, dengan berbekal pengalaman manajerial dalam mengemban tridarma perguruan tinggi secara utuh (pendidikan dan pengajaran kepada masyarakat, penelitian serta pengabdian kepada masyarakat) yang diperoleh khususnya Ketua Jurusan Pendidikan Teknik Mesin dan Dekan Fakultas Teknik UNM (dua periode) menjadi spirit keberanian untuk mencalonkan diri sebagai rektor di kampus yang melahirkan dan membesarkannya.

“Sungguh suatu pengalaman panjang sebagai mahasiswa, dosen, ketua jurusan, dan dekan membuat saya mengetahui organisasi UNM secara utuh dan komprehensif. Jika UNM dianalogikan tubuh manusia, maka saya telah memahami organ-organnya dan mengetahui berfungsinya. Kalau ada penyakit (atau ketidakberfungsian organ), maka sayapun mengetahuinya. Bahkan, saya juga mengetahui apa-apa obatnya dan bagaimana cara menyembuhkanya,” terang Husain.

[NEXT-RASUL]

Meski demikian dirinya juga menyadari kemampuan seorang diri tidak kuasa untuk mengelola UNM yang begitu besar dan potensial. Oleh karena itu, ia mengajak semua semua pihak untuk bekerja sama dalam memajukan UNM. “Satu untuk UNM adalah prinsip filosofis dalam membangun UNM. Semoga UNM tetap jaya dalam tantangan,” ujarnya.

Husain menambahkan, siap bekerja untuk memajukan UNM, jika mendapat amanah untuk melanjutkan kepemimpinan Prof Dr Arismundar MPd sebagai Rektor UNM Periode 2016-2020.

“Saya mengetahui sedikit banyak dari hal-hal yang masih perlu dibenahi di UNM maupun hal-hal yang baik dan perlu ditingkatkan lagi, sehingga saya punya strategi agar UNM bisa lebih baik lagi. Saya bukan mencari kursi kekuasaan,” tegasnya.

Strategi untuk memajukan UNM pun telah dirumuskan dalam visi misi maupun program kerja yang telah ia susun bersama timnya sejak jauh hari. Husain pun baru saja kembali berkonsolidasi bersama seluruh para pendukungnya.

Ada tujuh program strategis disusun dalam rangka mewujudkan visi dan misi UNM yang telah dicanangkan. Adapun ketujuh program unggulan untuk memajukan UNM jika kelak terpilih jadi Rektor UNM terangkum dalam ‘UNM Menuju Kampus Perubahan Berdaya Saing Unggul Berbasis IPTEKS dan Kewirausahaan’.

Ketujuh program strategis itu, diantaranya pengembangan kapasitas dan manajamen organisasi/lembaga, pengembangan inovasi pembelajaran berbasis TIK, peningkatan mutu penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan publikasi ilmiah, serta peningkatan sarana, prasaran, dan penataan lingkungan menuju kampus modern. Selain itu juga diutamakan pengembangan karakter mahasiswa dan hubungan alumni,pengembangan tata kelola keuangan dan kesejahteraan dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa, dan yang terakhir perluasan jejaring, kemitraan, dan komunikasi antar lembaga.

“Program strategis ini disusun dalam rangka mewujudkan visi misi UNM yang telah dicanangkan,” katanya.

[NEXT-RASUL]

Husain mengatakan, penyusunan program kerja itu, diawali dengan analisis kinerja yang dicapai pimpinan sebelumnya. Kemudian setelahnya dilanjutkan dengan penelaahan yang mendalam tentang kondisi internal dan eksternal UNM.

“Oleh karena itu, hal-hal urgen yang telah diraih pimpinan sebelumnya menjadi fondasi kuat untuk menggelar program-program berikutnya,” jelas Husain. (D)

7 Program Strategis Prof Dr Husain Syam MTp:

  1. Pengembangan kapasitas dan manajemen organisasi atau lembaga
  2. Pengembangan inovasi pembelajaran berbasis TIK
  3. Peningkatan mutu penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan publikasi ilmiah
  4. Peningkatan sarana prasarana dan penataan lingkungan menuju kampus modern
  5. Pengembangan karakter mahasiswa dan alumni
  6. Pengembangan tata kelola keuangan dan kesejahteraan dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa
  7. Perluasan jaringan kemitraan dan komunikasi antar lembaga.

[NEXT-RASUL]

Data Diri:
Nama Lengkap: Prof Dr Husain Syam MTp
TTL: Polman 7 Juli 1966
Agama: Islam
Jabatan Akademik: Guru Besar UNM
Jabatan Struktural: Dekan Fakultas Teknik UNM

Pendidikan:
– SDN 12 Kanang 1973-1979
– SMPN 2 Polewali 1979-1982
– SMAN 6 Makassar 1982-1985
– Strata Satu (S1) Teknik UNM 1985-1989
– Magister (S2) UGM
– Doktor (S3) IPB 2001-2005

Pengalaman Organisasi:
1. Ketua Bidang Penalaran HMJ Fakultas Teknik IKIP Ujung Pandang 1986-1987
2. Kader PMII Makassar 1986 hingga saat ini
3. Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa IKIP/UNM 1987-1988
4. Ikatan Alumni UNM
5. Ikatan Alumni Institut Pertanian Bogor
6. Pembina dan Pendamping HMJ Teknik UNM
7. Senat Fakultas Teknik UNM
8. Ketua Tim Konsultan Inkubator Wirausaha Baru UNM
9. Ikatan Keluarga Alumni Gaja Mada
10. Asosiasi Guru dan Dosen Vikasi Indonesia
11. Ketua Asosiasi Pendidikan Teknologi Kejuruan Indonesia (Aptekindo) 2012-2014
12. Dewan Pembina Asosiasi Aptekindo hingga saat ini.


Tag
div>