MINGGU , 18 NOVEMBER 2018

UNM Pangkas Kuota Penerimaan Maba 30 Persen

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Kamis , 22 Desember 2016 14:27
UNM Pangkas Kuota Penerimaan Maba 30 Persen

Ilustrasi.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Universitas Negeri Makassar (UNM) akan mengurangi jatah penerimaan calon Mahasiswa Baru (Maba) melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) untuk tahun 2017 nanti.

Rencana pengurangan kuota penerimaan mahasiswa baru ini masih sementara dalam tahap pembahasan. “Untuk jalur SNMPTN akan dikurangi hingga 30 persen,” ujar Wakil Rektor I UNM, Prof Muharram diberitakan Rakyat Sulsel, Kamis (22/12).

Pembantu Rektor bidang akademik ini menyebutkan, pengurangan kuota penerimaan calon mahasiswa baru untuk SNMPTN tengah dibahas.

Dikatakan, tidak menutup kemungkinan jika hal tersebut bakal terjadi. Karena merujuk pada aturan Direktorat Perguruan Tinggi (Dikti) maupun regulasi pada UNM.

“Kuota SNMPTN UNM kali ini akan dikurangi hingga 30 persen. Namun itu pun masih berupa wacana,” bebernya.

Ditambahkan, rencana pengurangan kuota ini dilakukan karena banyaknya calon mahasiswa yang melakukan manipulasi nilai di sekolah asal masing-masing. Untuk itu, pengurangan kuota SNMPTN menjadi solusi agar mempersempit calon yang diduga curang untuk masuk. “Hal ini disebabkan banyaknya rekayasa rapor di sekolah-sekolah,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, setiap tahun, UNM menerima mahasiswa baru jalur SNMPTN sebanyak 4.500 hingga 5.000 orang. Namun, tahun depan, diperkirakan akan dipangkas menjadi 3.000 hingga 3.500 orang mahasiswa baru. (***)


div>