KAMIS , 22 NOVEMBER 2018

Untuk Sulteng, PFI Makassar Gelar Lelang Foto Amal, Catat Waktunya!

Reporter:

Editor:

Iskanto

Selasa , 23 Oktober 2018 11:51
Untuk Sulteng, PFI Makassar Gelar Lelang Foto Amal, Catat Waktunya!

Foto bersama anggota PFI Makassar

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Organisasi Pewarta Foto Indonesia (PFI) Makassar membuka lelang foto secara daring (online). Dimana, seluruh hasil pembelian foto akan disumbangkan kepada para korban pasca gempa serta tsunami di Provinsi Sulawesi Tengah.

“Saat ini kami sedang melakukan pengumpulan foto-foto baik yang ada di Makassar maupun teman-teman yang berangkat ke Palu, Sigi dan Donggala pascagempa untuk memotret peristiwa kemanusiaan disana,” kata Tim Lelang, Iqbal Lubis di Makassar, Selasa (23/10).

Kata dia, lelang foto online akan berlangsung 5 November 2018 mendatang. Seluruh hasil penjualan lelang foto akan di donasikan untuk kebutuhan serta pemulihan tempat tinggal korban gempa tsunami dan likuifaksi di Sulteng melalui lembaga atau organisasi terkait.

Seluruh foto yang dilelang, kata dia, merupakan hasil karya Foto PFI Makassar maupun fotografer yang ingin ikut serta menyetorkan fotonya dilelang. Hal itu sebagai foto amal secara online.

“Kegiatan ini kami lakukan murni untuk membantu mereka yang tertimpa musibah. Kami berharap para donatur, dermawan maupun masyarakat yang mampu menyisihkan sedikit hartanya bagi korban dengan membeli foto-foto tersebut,” harap Iqbal.

Tim lelang lainnya, Kifly menjelaskan, panitia hanya memberikan foto hard copy atau dalam bentuk cetak kepada pemenang lelang. Dalam artian, pemenang lelang tidak akan mendapatkan soft file dari foto yang telah diberikan.

Sedangkan bagi fotografer yang ingin ikut melelang fotonya, harus menyiapkan foto dengan standar layak beli, tidak mengandung unsur kekerasan, SARA ataupun rasis.
Tema dan kategori foto yang akan dilelang bebas, serta harus menyiapkan soft file foto, ukuran 16R atau 40 x 50 cm, dengan resolusi minimal 300dpi.
Untuk ukuran besaran file maksimal 2 Megabyte (MB). Menyiapkan Soft file ukuran kecil untuk instagram.

Foto yang diserahkan nantinya kepada pemenang lelang dalam bentuk cetak tidak dalam bentuk soft file, jadi kepemilikan foto tetap pada fotografernya.

“Bagi yang ingin mengirimkan foto dapat dikirim melalui email panitia lelang Foto Amal Online di alamat lelangfotoamalonline@gmail.com. Subject, nama asli-Judul- Lokasi-nomor ponsel. Setiap fotografer maksimal mengirimkan lima karya foto,” lanjut Kifly.

Panitia lelang foto amal online lainnya, Abriawan Abhe menambahkan, setiap foto harus diberikan nilai lelang atau nilai minimal. Misalnya Rp1 juta atau diatasnya saat pengiriman foto. Foto paling lambat dikirimkan ke pantia lelang 27 Oktober 2018. Semua foto yang dilelang copyright akan dicantumkan nama fotogrfer saat di cetak.

Bagi foto yang tidak terjual atau tidak ada peminat akan dikembalikan ke fotogfernya. Dan setiap foto yang terjual saat lelang akan di cetak 16 RW-20 RW. Namun tergantung kesepakatan fotogrfer dan pemenang lelang. Editing foto bebas tergantung fotografer maupun untuk digital imaging dipersilahkan.

Lelang foto amal online ini akan dilakukan di akun Instagram PFI Makassar @pfi_makassar.

“Kami terbuka bagi semua fotografer dari berbagai kalangan bisa ikut menyumbangkan fotonya di lelang. PFI Makassar hanya membantu memfasilitasi lelang foto Amal ini. Aturan lelang dan open bid di instagram akan di atur selanjutnya,” ujar Abhe.

Keterangan lebih lanjut dapat menghubungi
Abriawan Abhe : 082188039052
Kifly : 085343655833
Iqbal Lubis : 081243633194

Untuk hastag
#fotoUntukSulteng #lelangamalOnline #SultengBangkit. (*)


div>