SABTU , 20 OKTOBER 2018

Upaya Penanggulangan Bencana, Pemkot Parepare Gelar Seminar RPB

Reporter:

Editor:

Niar

Jumat , 21 September 2018 09:49
Upaya Penanggulangan Bencana, Pemkot Parepare Gelar Seminar RPB

int

PAREPARE, RAKSUL.COM-Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar Seminar Susunan Rencana Penanggulangan Bencana (RPB) di Ruang Data, Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Parepare, Jumat, (21/9/2018).

Pelaksanaan penyusunan RPB tersebut merupakan bagian dari perencanaan pembangunan sebagai bentuk pencegahan, mitigasi dan kesiapsiagaan dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP), Jangka Menengah (RPJM), dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahunan.

Plt Asisten I Bidang Pemerintahan, Andi Erwin Pallawarukka mengemukakan, kejadian bencana yang tidak termitigasi dari awal, dapat menghancurkan sekejab berbgai pencapaian pembangunan dan pertumbuhan ekonomi yang telah diperjuangkan selama bertahun-tahun.

“Untuk itu, saya berharap agar moment ini dimanfaatkan sebaik-baiknya sebagai media untuk menyusun rencana penanggulangan bencana yang komprehensif dengan melibatkan seluruh stake holder terkait,” ujar Andi Erwin Pallawarukka membacakan sambutan Walikota Parepare.

Aspek lain dalam penanggulangan bencana kata Andi Erwin yang juga Kabag Pemerintahan ini, yaitu penanggulangan berbasis masyarakat dan komunitas rentan.

“Diharapkan dengan penyusunan RPB mampu mengidentifikasi, menganalisis, dan mengambil tindakan pencegahan dan mitigasi bencana, sehingga dapat mengurangi tingkat risiko suatu bencana,” jelasnya.

Dalam seminar tersebut, BPBD menghadirkan dua orang Tim dari Universitas Hasanuddin (Unhas) sebagai pemateri. Keduanya masing-masing, Dr Ir Busthan Azikin seorang ahli Geologi Teknik dan Safruddin ST Ahli Geologi dan Mitigasi Bencana. (*)


div>