JUMAT , 16 NOVEMBER 2018

Upsus Siwab Mulai Disosialisasikan di Sinjai

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Rabu , 19 April 2017 16:59
Upsus Siwab Mulai Disosialisasikan di Sinjai

Ilustrasi. foto: net

SINJAI, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Sinjai bersama DPKH Provinsi Sulsel menggelar sosialisasi Upaya Khusus (Upsus) Sapi Indukan Wajib Bunting (Siwab) Tahun 2017 di Hotel Rofina Sinjai, Selasa (18/4).

Acara sosialisasi ini dihadiri langsung perwakilan dari BIB Singosari, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sulsel, Para Kepala Desa, Para petugas inseminator, petugas peternakan kecamatan, para ketua kelompok tani Se-kabupaten sinjai.

Kepala UPTD IB Provinsi Sulsel, Abdul Muas, menyampaikan, sosialisasi Upsus Siwab dilaksanakan dalam rangka mendukung program pemerintah dalam rangka percepatan target pemenuhan populasi sapi potong dalam negeri dan sebagai wujud komitmen pemerintah dalam mengejar swasembada daging sapi serta mewujudkan Indonesia yang mandiri dalam pemenuhan pangan asal hewan dan sekaligus meningkatkan kesejahteraan peternak rakyat.

Sementara, Kepala Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Kabupaten Sinjai, Aminuddin Zainuddin, menyampaikan, kegiatan sosialisasi Upsus Siwab ini, dilaksanakan dengan menggunakan anggaran dari dinas peternakan dan kesehatan hewan Provinsi Sulsel.

“Sosialisasi hari ini kami mengundang perwakilan setiap kecamatan terdiri dari kepala desa, tokoh masyarakat, ketua kelompok tani, dan peternak yang bertujuan supaya informasi tentang siwab ini bisa dapat secara maksimal diketahui masyarakat sinjai seara luar,” ujarnya.

Sementara, pada tahun 2017 Kabupaten Sinjai mendapatkan target akseptor sebanyak 24.460 ekor ternak sapi, sedangkan target bunting sebanyak 16.000 ekor.

“Nantinya Dinas peternakan dan kesehatan hewan menyiapkan Petugas yang akan memberikan pelayanan seperti Insiminasi Buatan (IB), pelayanan kesehatan apabila ternak mengalami gangguan reproduksi dan pemberian suntikan perangsang bagi ternak yang tidak mau birahi. Semua pelayanan dalam kegiatan UPSUS SIWAB tahun 2017 dibiayai pemerintah pusat, sehingga peternak tidak dipungut biaya lagi atau diberikan secara gratis,” ujarnya.


div>