RABU , 19 DESEMBER 2018

UPT Pendidikan Pangkep Pantau Sekolah Lewat Program e-Panrita

Reporter:

asharabdullah

Editor:

Rabu , 17 Mei 2017 18:50
UPT Pendidikan Pangkep Pantau Sekolah Lewat Program e-Panrita

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo (kiri), bersama Kepala UPT Pendidikan Wilayah Pangkep, Herry Mahmud (kanan). Foto: Atho Tola/RakyatSulsel

PANGKEP, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Provinsi Sulsel yang baru baru ini meluncurkan aplikasi pendidikan, yaitu e-Panrita disambut antusias sejumlah pelaksana pendidikan di 24 kabupaten/kota, tidak terkecuali Unit Pelaksana Tekhnis (UPT) Pendidikan Pangkep.

Sekedar diketahui, aplikasi online itu dibuat Disdik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Yang memiliki sembilan menu utama, diantaranya e-learning, absensi, vicon, guru, siswa, anggaran, polling, hiburan, menu bimbel dan lain sebagainya

Kepala UPT Pendidikan Pangkep, Herry Mahmud yang ditemui Rabu (17/05) mengaku saat ini pihaknya mulai melakukan pendataan di sekolah yang ada di Pangkep. Dimana kedepannya setiap sekolah akan dipasang alat berupa server yang terhubung ke aplikasi yang ditunjung jaringan internet.

“Jadi kita sekarang mulai melakukan pendataan, di sekolah untuk memastikan program e-Panrita ini bisa berjalan maksimal termasuk guru, kepala sekolah, dan siswa”. Jelas Herry.

Terkait sekolah yang ada di kepulauan, Herry mengaku telah berkordinasi dengan pihak penyedia jasa telekomunikasi, untuk mempermudah pemasangan server nantinya.

“Jadi Disdik Sulsel sendiri sudah bergandengan dengan Telkomsel, untuk pemasangan viberoptik di pulau, jadi saya rasa server nantinya akan merata baik itu sekolah di darat maupun di pulau, termasuk wilayah pegunungan”, tambahnya.

Program e-Panrita ini sendiri, sangat bermanfaat untuk meningkatkan mutu pendidikan di pangkep, karena secara tekhnis, setiap sekolah di Pangkep akan terpantau setiap aktifitasnya.

[NEXT-RASUL

Termasuk mengetahui keberadaan guru atau kepala sekolah yang keluar dari sekolah sejauh 500 meter pada saat jam pelajaran, jadi jika ada hal seperti itu, maka guru tersebut dianggap tidak masuk. tidak hanya mengatur sistem pendidikan, namun juga bisa digunakan untuk mendownload e-book, mengawasi sistem anggaran terbuka, termasuk sebagai alat transaksi.

Sosialisasi Program e-Panrita ini sendiri telah dilakukan ke seluruh kepala UPT se-Sulsel, selasa (16/05) yang dihadiri langsung Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo


div>