SENIN , 15 OKTOBER 2018

UPTD Makassar Diminta Maksimalkan Pengawasan Sekolah

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Senin , 13 Maret 2017 16:18
UPTD Makassar Diminta Maksimalkan Pengawasan Sekolah

Ilustrasi Kantor Balaikota Makassar. foto: net

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Maraknya Pungutan Liar (Pungli) di sekolah mengundang reaksi berbagai pihak. Oleh sebab itu, dibutuhkan regulasi transparan dan pengawasan maksimal guna meminimalisir pratek ilegal sekolah di Makassar.

Kepala Inspektorat Kota Makassar, Zainal Ibrahim, mengimbau, untuk mengantisipasi adanya giat ilegas di sekolah sistem pengawasan internal di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) di masing-masing wilayah perlu mimaksimalkan.

“Peran Dinas Pendidikan (Disdik) harus mengintruksikan kepada seluruh Kepala UPTD Pendidikan jalankan tugas pokok internal, pengawasan terhadap sekolah untuk mencegah hal yang tak diinginkan,” ujarnya, Senin (13/3).

Menurutnya, pejabat fungsional pengawas sekolah, tahun ini harus memantau dan menjalankan tupoksi dengan maksimal. Karena itu, juga bagian dari tugas dan ranah konsentrasi Dinas Pendidikan dan UPTD,
jangan sampai ada oknum yang tidak bertanggung jawab melakukan aksi yang menyimpang di dunia pendidikan.

“Kenapa pejabat fungsional pengawas sekolah tidak berjalan dengan maksimal. Sistem pengendalian internal belum maksimal,” tuturnya.

Dijelaskan, PP Nomor 60 Tahun 2008, tentang sistem pengendalian Intern Pemerintah, adalah proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus-menerus pimpinan dan seluruh pegawai untuk tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien.

“Sistem ini di lingkungan pusat dan pemerintah daerah. Tujuannya menguatkan juga dunia pendidikan,” jelasnya. (***)


div>