SABTU , 22 SEPTEMBER 2018

Usai Lantik Plt Sekkot, Selanjutnya Pergantian Kepala SKPD

Reporter:

Armansyah

Editor:

asharabdullah

Jumat , 13 Juli 2018 09:22
Usai Lantik Plt Sekkot, Selanjutnya Pergantian Kepala SKPD

kantor balaikota (ist)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pasca penunjukan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Makassar, dr Naisyah T Azikin sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sekertaris Kota (Sekkot), Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto menjadwalkan melakukan pelantikan minggu depan.

Setelah pelantikan Plt Sekkot tersebut, Danny Pomanto menjadwalkan akan melantik Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), baik yang berstatus mutasi dan juga berstatus lowong seperti Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Lingkungan Hidup dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA).

Danny mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan administrasi pelantikan Sekkot Makassar yang beberapa hari lalu sudah ada persetujuan berupa surat keputusan (SK) pengangkatan Sekkot Makassar dari Gubernur Provinsi Sulsel, Soni Sumarsono. “Kalau bukan Senin, hari Selasa kita lantik (Sekkot),” ujar Danny, Kamis (12/7) kemarin.

Danny menegaskan, setelah melantik Sekkot, selanjutnya pria dengan kacamata ini akan fokus pada penyegaran di sektor kepala SKPD. Menurutnya salah satu indikator penilaian pergantian jabatan adalah hasil capaian kinerja SKPD dibawah 50 persen.

Ia menyebut, pihanya masih perlu menyurat ke Komisi Aperatur Sipil Negara (KASN) untuk melakukan lelang jabatan di tingkat eselon II. Sementara, jabatan camat dan lurah tidak mesti melalui rekomendasi KASN.

“Tidak perluji (ke KASN) kalau camat dan lurah, kecuali yang lain-lain seperti eselon II saya sudah tanda tangani untuk segera ke KASN,” ucapnya.

Sementara, Sekretaris Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Makassar, Basri Rakhman mengatakan, pemerintah kota sementara menyiapkan administrasi pergantian dan pengisian jabatan lowong ditingkat SKPD.

“Kita sudah melakukan penjajakan ke KASN dan itu sudah lama. Itu kan tupoksi kami jadi tanpa diperintahkan kita selalu siap dengan hal tersebut,” jelas Basri.

“Mengenai kepastian jadwal pelantikan itu kembali ke beliau (Wali Kota Makassar),” tambahnya
Basri menambahkan, pergantian dan pengisian jabatan lowong diberlakukan untuk beberapa jabatan yang kosong dan kepala SKPD. Khusus untuk pergantian kepala SKPD, salah satu syarat penilaian yaitu SKPD yang memiliki capaian kerja rendah. (*)


div>