RABU , 13 DESEMBER 2017

Usai Melahirkan ini yang Terjadi Pada Ms V Wanita

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Selasa , 31 Oktober 2017 11:15
Usai Melahirkan ini yang Terjadi Pada Ms V Wanita

int

RAKYATSULSEL.COM – Tubuh wanita mengalami banyak perubahan saat hamil dan melahirkan. Tidak hanya berat badan yang naik, beberapa organ seperti vagina juga akan berubah. Hal tersebut mungkin saja terjadi dalam proses persalinan normal, karena bayi keluar melalui vagina.

Lantas, perubahan seperti apa yang terjadi pada organ intim wanita usai melahirkan? Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak penjabaran di bawah ini seperti dilansir dari klikdokter.com.

1. Terasa lebih longgar.

Pada umumnya kondisi vagina akan menjadi lebih longgar setelah melahirkan secara normal. Butuh waktu untuk mengembalikan kelenturan otot dasar panggul setelah melahirkan.

2. Lebih kering dan sakit.

Hal ini karena hormon yang diproduksi di dalam tubuh wanita masih belum stabil. Alhasil, cairan vagina yang keluar lebih sedikit dan membuat terasa kering. Keluhan ini akan lebih sering terjadi pada ibu menyusui, karena level estrogen menjadi lebih rendah.

Hal ini tentu membuat hubungan seks dengan pasangan menjadi tidak nyaman, bahkan terasa sakit. Berdasarkan sebuah jurnal, 83 persen wanita yang ikut serta dalam sebuah penelitian mengalami keluhan saat berhubungan seks, pada tiga bulan pertama setelah melahirkan.

3. Kemerahan, bengkak, ngilu, dan nyeri.


div>