RABU , 26 SEPTEMBER 2018

Usaid Prioritas Dinilai Berhasil Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Parepare

Reporter:

Editor:

Niar

Kamis , 27 April 2017 17:43
Usaid Prioritas Dinilai Berhasil Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Parepare

Penampilan sosiodrama siswa dan guru SDN 2 Parepare pada kegiatan penutupan program Usaid Prioritas di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare, Kamis, (27/4).

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM- Peningkatan mutu pendidikan di Kota Parepare tak lepas dari andil Usaid Prioritas. Meski, program kerjasama antara Pemerintah Kota Parepare dan Usaid Prioritas ini hanya berjalan selama tiga tahun dan berakhir hari ini, Kamis, (27/4) namun hampir seluruh sekolah yang bermitra dengan lembaga ini telah mampu “mengepakkan sayap” sejajar dengan sekolah-sekolah unggulan di Kota Parepare.

Pada kegiatan penutupan program ini di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare, Koordinator Usaid Prioritas Sulsel, Jamaluddin mengungkapkan beberapa prestasi yang berhasil ditingkatkan pasca Usaid Prioritas memoles pembelajaran di kota kelahiran BJ Habibie ini.

“Keberhasilan yang nampak saat ini pada pendidikan di Kota Parepare, pada umumnya sekolah telah membudayakan literasi, rata-rata hasil belajar siswa naik dari 70 – 80 lebih, banyak guru, kepala sekolah/madrasah yang berprestasi, fasda Usaid Prioritas rata-rata menjadi fasilitator K-13,” beber Jamaluddin dalam sambutannya.

Hal senada juga diungkapkan Koordinator District Usaid Prioritas Kota Parepare, Hamka Syah. Menurutnya, keberhasilan siswa dalam ajang O2SN dan FLS2N rata-rata berasal dari sekolah mitra Usaid Prioritas.

“Kita ada 24 sekolah mitra, yaitu 16 SD/Mi dan 8 SMP/MTs. Hasil O2SN dan FLS2N rata-rata dari sekolah mitra,” ujar Hamka Syah.
[NEXT-RASUL]

Hamka, sapaan koordinator district ini, program-program yang berhasil diterapkan kepada 24 sekolah mitra tersebut, seperti, pelatihan guru sekolah hingga modul tiga, pembelajaran dan manajemen berbasis sekolah. “Setelah pelatihan ada pendampingan, kita juga lakukan show case. Kita juga adakan diseminasi, berbagi praktik yang baik di sekolah non mitra,” terangnya.

Tak lupa, pihaknya juga telah menyalurkan berbagai buku bacaan berjenjang, stake holder meeting, dan program penataan serta pemerataan guru.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare, H Anwar Saad mengakui peningkatan kualitas pendidikan di Parepare tak lepas dari andil Usaid Prioritas.

“Apa yang diberikan Usaid Prioritas dengan berbagai bentuk modifikasi pembelajaran telah mampu merubah pola pembelajaran di sekolah sehingga mutu pembelajaran meningkat. Kita berharap program ini terus berlanjut,” aku Anwar Saad.

Pada kegiatan penutupan program Usaid Prioritas, sejumlah siswa berperan sebagai pengisi acara dalam kegiatan, seperti dirigen lagu Indonesia Raya, pembaca doa, cerita siswa yang dinobatkan sebagai peneliti cilik terunggul di Indonesia, dan sosiodrama yang memotret tentang pembelajaran pra Usaid Prioritas dan pasca Usaid Prioritas. Peran siswa yang tampil penuh kreatif tersebut merupakan bukti hasil kerjasama Usaid Prioritas dan Dinas P & K Kota Parepare (nia)


Tag
div>