MINGGU , 24 JUNI 2018

Minimal Usia Tujuh Tahun Untuk Peserta PPDB Tingkat SD

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Senin , 19 Juni 2017 20:03
Minimal Usia Tujuh Tahun Untuk Peserta PPDB Tingkat SD

Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar Ismunandar. Foto: ist

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Makassar, Ismunandar menyampaikan kepada seluruh orangtua yang akan mendaftarkan anaknya pada sekolah tingkat dasar, bahwa batas usia minimal peserta seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat Sekolah Dasar (SD) 2017, minimal harus berusia tujuh tahun.

“Hal ini sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 17 Tahun 2017 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, atau sederajat,” jelas Ismunandar, Senin (19/6)

Tapi, lanjut Ismunandar, bagi calon peserta didik dibawah usia tujuh tahun yang ingin tetap mengikuti seleksi, diwajibkan untuk melampirkan surat keterangan dari psikolog. Atau surat keterangan dari dewan guru bagi yang berdomisili di wilayah pinggiran Makassar.

“Surat keterangan ini untuk memastikan bahwa nantinya anak tidak akan mengalami tekanan psikologis saat menghadapi proses pembelajaran di sekolah. Sebagai dampak dari usia yang masih terlalu dini,” jelasnya.

Pelampiran surat keterangan itu, lanjut Ismunandar, merupakan ketentuan mutlak bagi calon peserta didik. Meskipun ia telah mengantongi sertifikat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

“Ini bersifat wajib, tidak ada toleransi. Karena menyangkut pola pikir dan perkembangan mental anak-anak,” tegasnya.

Terpisah, salah seorang ibu rumah tangga yang memiliki anak baru tamat TK, di kawasan Mallengkeri, Sinta (30) mengatakan, ia sangat tidak setuju dengan syarat usia masuk SD harus 7 tahun, karena hal itu membuat anak lamban dalam mengenyam pendidikan.

[NEXT-RASUL]

“Anak saya usianya, 6 tahun. Tapi sudah bisa baca tulis dan menghitung (calistung), artinya sudah masuk syarat. Saya rasa tidak harus 7 tahun lah, kasian anak yang memiliki kemampuan cerdas,” tutupnya.


div>