RABU , 14 NOVEMBER 2018

Usulan Pengalihan Formasi CPNS Pemprov Ditolak

Reporter:

Al Amin Malliuri

Editor:

Iskanto

Rabu , 17 Oktober 2018 09:20
Usulan Pengalihan Formasi CPNS Pemprov Ditolak

Ilustrasi (ist)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah sudah menutup pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Senin malam. Seluruh pendaftar menunggu tahapan seleksi selanjutnya yang sudah dijadwalkan.

Setelah pendaftaran ditutup, ternyata ada beberapa formasi yang lowong alias tidak ada pendaftar. Di Pemprov Sulsel, didominasi oleh formasi dokter spesialis untuk sejumlah rumah sakit umum daerah (RSUD).

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel, Ashari Fakhsirie Radjamilo menjelaskan, total formasi yang lowong ada sembilan.

“Itu kenapa bisa sampai kurang pendaftar, khususnya untuk formasi dokter spesialis, karena pendaftaran CPNS serentak dilakukan di seluruh daerah. Jadi banyak yang mendaftar di daerah lain,” ungkap lelaki yang akrab disapa Karaeng Jaja itu.

Sebenarnya, kata dia, ada upaya untuk mengalihkan kuota lowong itu ke formasi lain yang juga dibutuhkan, namun ternyata tidak bisa. “Kita mengusulkan mengganti formasi lain tapi ternyata tidak bisa,” jelasnya.

Selain melakukan verifikasi berkas para pelamar, BKD saat ini juga sedang mempersiapkan tes untuk para pelamar. Rencanaya, untuk Pemprov Sulsel, tes akan dilaksanakan dalam bentuk CAT BKN. Namun sejauh ini, lokasinya belum bisa dipastikan. Pihaknya masih terus berkoordinasi dengan pusat.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Regional IV Makassar, Sayadi menjelaskan, terkait masih adanya formasi lowong tanpa pendaftar, akan ada kebijakan tersendiri yang akan dikeluarkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan RB).

Soal lokasi dan sistem ujian yang akan diterapkan, menurut Sayadi pihaknya menggelar rapat dengan seluruh BKD. Ada dua pilihan yang diusulkan yakni model CAT maupun UNBK.

Pemerintah daerah diberi keleluasaan apakah akan melaksanakan seleksi model Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) ataukah CAT BKN. “Daerah diminta mengajukan surat ke Menpan apakah akan melaksanakan ujian CAT ataukah UNBK. Untuk lokasi ujian, sejauh ini belum ada informasi yang diperoleh dari pusat,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulsel mencatat jumlah pelamar CPNS mencapai angka 8.213 orang. 8.213 pelamar itu akan berebut 401 kursi kuota CPNS pada penerimaan nanti. (*)


div>