KAMIS , 18 OKTOBER 2018

Varietas IPB 3s Andalan Petani Pinrang

Reporter:

Editor:

Lukman

Senin , 11 September 2017 23:46
Varietas IPB 3s Andalan Petani Pinrang

Pemerintah Kabupaten Pinrang bersama Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan panen raya Varietas IPB 3s di Area Kelompok Tani Tanete Desa Sikkuale, kecamatan Cempa, kabupaten Pinrang beberapa waktu lalu.

PINRANG, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Kabupaten Pinrang bersama Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan panen raya Varietas IPB 3s di Area Kelompok Tani Tanete Desa Sikkuale, kecamatan Cempa, kabupaten Pinrang beberapa waktu lalu.

Perhatian pemerintah dalam meningkatkan produksi pertanian yakni dalam rangka meningkatkan penghasilan para petani. Pemerintah pun tengah berusahabmenyiapkan lahan 400 hektare guna penangkaran benih.

Penangkaran benih yang akan dilaksanakan tersebut, bertujuan agar nantinya Pinrang menjadi mandiri benih, sekaligus menjadi penyuplai benih di Indonesia.

Turut hadir Rektor IPB Herry Suhardiyanto dan rombongan, Wakil Bupati Pinrang Muhammad Darwis Bastama, Plt Kadis Pertanian dan Holtikultura Andi Tjalo Kerrang, Ketua kelompok tani Tanete Ana Tika beserta Kelompok tani setempat.

Saat panen raya, Herry Suhardiyanto ditemani Darwis Bastama memakai mobil panen (combine). Rektor IPB, Herry Suhardiyanto menyebutkan, hanya kabupaten Pinrang yang serius mengembangkan Varietas IPB 3s.

“Dengan Varietas IPB 3s, produktivitas padi lebih meningkat. Kemudian melalui kelompok tani, akan digenjot dari sisi teknologi, yang pada akhirnya poduksi pertanian makin meningkat,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Pinrang, Darwis Bastama mengatakan, pemerintah Kabupaten Pinrang bersama IPB telah menandatangani nota kesepahaman untuk musim tanam April-September 2017.

“Telah ditangkarkan Varietas IPB 3s dalam bentuk benih dasar (label putih) seluas 8 hektare yang tersebar di tiga Kecamatan, Watang Sawitto, Mattiro Bulu dan Kecamatan Cempa,” ungkapnya.

Varietas IPB 3s menunjukkan hasil yang memuaskan dalam peningkatan jumlah produksi. Sementara untuk jumlah bulir/malai Varietas IPB 3s berisi 260 bulir/malai sedang untuk Varietas yang lain hanya 142bulir/malai. “Dengan produksi yang cukup baik itu,kami akan menangkarkan di 12 kecamatan,” tutupnya. (*)


div>