KAMIS , 18 OKTOBER 2018

VIDEO Pendaratan Pesawat Superjumbo Paling Mengerikan

Reporter:

Editor:

Azis Kuba

Sabtu , 26 September 2015 00:37
VIDEO Pendaratan Pesawat Superjumbo Paling Mengerikan

int

RAKYATSULSEL.COM – Video yang satu ini telah menyita perhatian di dunia YouTube. Sebuah pesawat penumpang (salah satu terbesar di dunia) Emirates A380 harus melawan angin kencang dan landasan yang basah. Untung pada akhirnya semua selamat.

Ya, Emirates A380 harus berjibaku saat mau landing di Dusseldorf, Jerman. Pengungah video, Cargospotter menuliskan, setelah sekian lama mem-filmkan banyak pendaratan pesawat besar dalam empat tahun, baru kali ini dia menjadi saksi sejarah pertempuran istimewa antara A380 dengan crosswind.

“Saya telah membuat film banyak pendaratan crosswind dalam empat tahun terakhir. Semua pendaratan crosswind menakjubkan tapi melihat sebuah pertempuran A380 melawan angin adalah sesuatu yang istimewa. Apalagi landasan pacu sangat basah dan A380 mendarat sedikit terlambat,” tulisnya.

Seorang mantan pilot yang juga perwakilan dari British Airline Pilots Association, Steven Draper mengatakan, pilot Emirates A380 yang satu ini sangat terlatih.

“Pilot harus menggunakan keterampilan mereka. Landing di crosswinds kuat atau turbulensi melampaui kemampuan pilot otomatis pesawat. Ini adalah contoh yang baik, bahwa pilot harus waspada dan bebas dari kelelahan saat mendarat,” ujar Draper di MailOnline.

Sekadar untuk diketahui, pesawat sekelas A380 Emirates bisa melayani 615 penumpang. Airbus 380 juga sering disebut sebagai pesawat komersial terbesar yang pernah dibuat dan dijuluki Superjumbo. (jpnn)


div>