Senin, 29 Mei 2017

Virus Komputer yang Pernah Menggegerkan Indonesia

Senin , 15 Mei 2017 13:11
Ilustrasi virus Ransomware Wanna Cry (RIZKY JANU/JAWA POS)
Ilustrasi virus Ransomware Wanna Cry (RIZKY JANU/JAWA POS)


RAKYATSULSEL.COM – Virus komputer tentu bukan hal yang asing bagi pemilik komputer. Kerugian yang diakibatkan macam-macam, karena berbeda virus, berbeda pula kerugiannya. Seperti halnya penyakit pada diri manusia, virus komputer juga terus berkembang menjadi semakin menyebalkan.




Tercatat, nenek moyang virus komputer muncul pada 1981. Program bernama Elk Cloner muncul di komputer Apple II. Saat itu, program itu hanya menampilkan baris kalimat di monitor. Yakni, It will get on your disk It will infiltrate your chip. Yes it’s Cloner! It will stick to you like glue, It will modify ram too Send in the cloner!.




Sedangkan virus pertama di PC, tercatat muncul pada 1986. Namanya The Brain yang dibuat oleh dua bersaudara asal Pakistan. Yang menjadi media penyebaran adalah disket. Virus itu punya kemampuan untuk mengendalikan instruksi-instruksi di level DOS.

Setelah itu, berbagai virus terus bermunculan. Pemilik komputer pada akhir 90an dan 2000 mengenal banyak virus. Seperti I Love You, Code Red, Melissa, SQL Slammer, sampai CriptoLocker yang menjadi bagian dari Ransomware. Redaksi JawaPos.com merangkum beberapa virus komputer yang menghebohkan Indonesia:

1.    Ransomware Wanna Cry

Kemenkominfo sampai membuat press conference terkait penyebaran virus ini. Sesuatu yang sebetulnya belum pernah dilakukan. Tetapi, itu harus dilakukan karena Ransomware Wanna Cry dampaknya sangat serius. Mengunci file, dan meminta tebusan sangat besar.

Virus itu merupakan salah satu bagian dari banyaknya varian Ransomware. Kemenkominfo sampai meminta saat pekerja mulai beraktifitas pada Senin (15/5), berkoordinasi dengan tim IT untuk melakukan pengecekan. ’’Besok (hari ini, Red) instansi-instansi mulai beraktivitas. Jangan online dahulu,’’ kata Menkominfo Rudiantara.

 

2.    Gadis Mabuk

Malware dengan teknik serangan baru dan membuatnya sempat sulit dihilangkan oleh Facebook. Virus ini tidak memanfaat aplikasi Facebook, melainkan menggunakan add-on browser sehingga pengguna akan memposting secara otomatis si Gadis Mabuk. Virus ini ngetrend pada 2015.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*