JUMAT , 19 JANUARI 2018

Wabub Bulukumba Resmikan Peternakan Jonjoro Ayam Kampung

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Rabu , 24 Mei 2017 15:54
Wabub Bulukumba Resmikan Peternakan Jonjoro Ayam Kampung

Wakil Bupati Bulukumba Tomy Satria Yulianto didampingi Pemilik Jonjoro Ayam Kampung Amir Bakriyadi menggunting pita sebagai tanda peresmian Jonjoro Ayam Kampung, Minggu, 21 Mei 2017 lalu. foto: ist for rakyatsulsel.

BULUKUMBA, RAKYATSULSEL.COM — Wakil Bupati (Wabup) Bulukumba, Tomy Satria Yulianto meresmikan peternakan Jonjoro Ayam Kampung yang terletak di Dusun Jonjoro, Desa Pangngalloang Kecamatan Rilau Ale, Minggu, 21 Mei 2017 lalu.

Tomy mengatakan, kegiatan peternakan merupakan suatu inisiatif yang baik untuk menambah penghasilan masyarakat sebagai usaha alternatif. Disamping juga mendorong kegiatan pertanian dan perkebunan.

“Karena bagaimanapun pertanian dan perkebunan merupakan komoditas yang panennya setiap tiga bulan sekali. Nah masyarakat juga harus membangun usaha alternatif lainnya seperti bidang peternakan ini,” ungkapnya.

Kegiatan peternakan ini merupakan sebuah penghasilan masyarakat dan tentunya pemilik Jonjoro Ayam Kampung juga akan membangun kemitraan dengan masyarakat dalam mengembangkan usaha peternakan.

“Saya kira usaha ini sangat positif karena menambah penghasilan masyarakat khususnya di Desa Pangalloang,” ungkapnya.

Sementara, Pemilik Jonjoro Ayam Kampung, Amir Bakriyadi, mengaku, ada dua varian ayam kampung yang dibudidayakan, yakni ayam kampung asli dan ayam kampung arab. Ayam kampung asli jumlahnya 1.500 ekor sedangkan ayam arab 500 ekor.

“Bibitnya kami pesan langsung dari Bogor yang baru berumur satu hari dan bisa dipelihara selama dua tahun. Itu yang dijadikan ayam pedaging yang diorder ke warung-warung makan khususnya Indonesia bagian Timur,” ungkapnya.
₩₩₩₩

Amir mengaku, kedepan akan membuat kelompok tani ternak dan bisa menyuplai kebutuhan daging ayam kampung di sejumlah restoran.

“Tahap pertama kami baru pesan 1.500 ayam kampung dan 500 ekor ayam arab,” jelasnya. (***)


div>