SENIN , 19 NOVEMBER 2018

Wabup Gowa Hadiri Temu Kader IMP Gowa, Ini Harapannya

Reporter:

Editor:

Arif Saeni

Kamis , 09 Agustus 2018 17:34
Wabup Gowa Hadiri Temu Kader IMP Gowa, Ini Harapannya

int

GOWA,  RAKYATSULSEL. COM—— Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni, menghadiri acara Temu Kader Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP) Kabupaten Gowa, di Gedung Haji Bate, Jalan Tumanurung, Kamis (9/8) siang.
Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB), Sofyan Daud menyampaikan,  tujuan kegiatan hari ini selain sebagai ajang silaturrahmi, juga untuk meningkatkan komitmen para kader IMP dalam pelaksanaan program-program KB.
“Jadi ajang pertemuan kita kali ini sebagai wujud komitmen kita dalam melaksanakan program kerja dan tugas-tugas lainnya yang telah diberikan oleh Pemda Gowa kepada Dinas PP  KB yang diikuti oleh 976 orang,” tuturnya.
Sementara, Karaeng Kio, sapaan akrab Wabup Gowa, mengatakan hari ini merupakan hari yang membahagiakan bagi dirinya,  karena dapat bertemu dan berkumpul dengan para kader KB yang ada di lapangan para kader KB implant, terdiri dari Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD).
“Ini merupakan perjumpaan kita yang ketiga setelah saya menjadi Wakil Bupati Gowa, yang mana pada pertemuan pertama kita di tahun 2016 yang lalu saya menjanjikan meningkatkan biaya operasional, maka perjumpaan kita yang ke-2 tahun 2017 lalu telah kami realisasikan, rata-rata peningkatannya Rp50.000 setiap kader,” jelasnya.
Untuk tahun 2018, 167 PPKBD dan 167 Sub PPKBD telah menerima dana operasional sebanyak Rp250.000 per bulan, dan khusus tahun ini semua dana operasional PPKBD dan Sub PPKBD sudah dilakukan transaksi non tunai dengan mentransferkan ke rekeningnya masing-masing.
“Peningkatan biaya operasional bagi IMP ini sebagai bentuk penghargaan kita semua, terhadap karya nyata yang telah dilakukan oleh para kader KB yang ada di lapangan selama ini. Kita berharap dengan adanya peningkatan biaya operasional ini, kinerja baik yang telah ditunjuk selama ini akan dapat terus ditingkatkan untuk di masa masa yang akan datang,” katanya dihadapan para kader IMP yang hadir.
Lebih lanjut, dia menyampaikan bahwa Kabupaten Gowa merupakan Kabupaten terbesar ketiga jumlah penduduknya setelah Makassar dan Bone. Dengan jumlah penduduk sebanyak kurang lebih 753.000 jiwa, bukan hanya karena kelahiran tetapi juga dipengaruhi oleh jumlah orang yang masuk ke Gowa.
Dari data yang telah dihitung oleh Dinas PP dan KB Kabupaten Gowa, selamat tahun 2017 kita telah berhasil dilakukan kelahiran tercegah sebanyak 18.093 kelahiran.
“Angka inilah merupakan suatu hal yang membanggakan dan tentunya pencapaian tersebut tidak terlepas dari peran serta seluruh kader KB yang ada di lapangan. Kita patut bersyukur dengan apa yang telah kita capai, namun upaya kader di lapangan masih harus ditingkatkan ,” tuturnya.
Tak hanya itu saja, katanya,  para kader IMP harus terus meningkatkan kualitas diri sebagai seorang kader.
“Para kader harus dapat meningkatkan kualitas diri karena tantangan ke depan tidak dapat diselesaikan bila kita tidak berusaha untuk meningkatkan pengetahuan kita,  sementara untuk dinas PP dan KB, saya berharap terus berupaya meningkatan kualitas PPKBD dan Sub PPKBD dapat menjadi prioritas dalam rencana kegiatan OPD dinas PP dan KB di masa masa yang akan datang,” harapnya.
Wabup Gowa sempat membuat games untuk para Kader IMP, bagi siapa saja yang dapat menjawab pertanyaan yang dilontarkannya, maka akan mendapatkan bingkisan.
Turut hadir dalam kegiatan ini, Ketua DPRD Kabupaten Gowa, Ansar Zaenal Bate, Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Hj Musaddiyah Rauf, serta para Kepala SKPD lingkup Pemerintah Kab Gowa. (***)

Tag
div>