RABU , 19 DESEMBER 2018

Wabup Irwan Dinobatkan Jadi Dewan Penasehat Lembaga Adat Padoe

Reporter:

Iskanto

Editor:

Jumat , 21 September 2018 17:01
Wabup Irwan Dinobatkan Jadi Dewan Penasehat Lembaga Adat Padoe

int

LUWUTIMUR, RAKYATSULSEL.COM – Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri Syam secara resmi diangkat sebagai Dewan Penasehat Lembaga Adat Padoe pada saat menghadiri Musyawarah Adat dan Budaya Padoe ke II yang digelar di Rumah Adat Padoe Patudu’ Desa Tabarano, Kecamatan Wasuponda, Jumat (21/09).

Kegiatan yang mengangkat tema “Manga’u Gagi Bawaa Petenunu Atora Ada” ini digelar selama dua hari mulai tanggal 21-22 September 2018. Turut pula di hadiri Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga, Hamris Darwis, Camat wasuponda, Joni Patabi, Kapolsek Wasuponda, Agusman, Danramil Wasuponda, Managemen PT. Vale Indonesia dan sejumlah Mohole adat.

Anita laiuus. A. Md. sekalu pelaksana kegiatan melaporkan bahwa, musyawarah ini dimaksudkan untuk menumbuhkan kembali eksistensi lembaga adat Padoe. Selain itu juga sebagai upaya melakukan perubahan dan melahirkan regenerasi yang lebih baik.

Ia menambahkan bahwa, kegiatan musyawarah adat dan budaya Padoe Ke II ini diikuti sebanyak 100 peserta yang berasal dari dalam maupun luar Kabupaten Luwu Timur. Seperti Pakatan, Pabeta, Kore-Korea, Kawata Taliwan, Mayakeli, Makassar, Palopo dan lain-lain.

Sementara Wakil Bupati Luwu Timur, Ir. Irwan Bachry Syam, ST. dalam sambutanya menyampikan bahwa, musyawarah adat ini menjadi wadah membina dan mempererat hubungan silaturahmi antar sesama masyarakat adat. Selain itu, juga diharapkan menjadi sarana untuk memberikan kontribusi bagi terciptanya semangat persatuan dan kesatuan dalam memperkuat harmoni hidup rukun dan toleransi di Kabupaten Luwu Timur.

Sebelumnya, Irwan juga memberikan apresiasi terhadap para Pelopor Lembaga Adat dan Tokoh masyarakat adat Padoe yang terus berupaya mengenalkan nilai-nilai tradisi, melestarikan budaya sehingga keberadaannya menjadi filter dalam menghadapi gempuran kebudayaan global atau Asing.

“Musyawarah ini juga nantinya diharapkan melahirkan sebuah kesepakatan dan formula yang mampu menjaga eksistensi dan pengembangan masyarakat adat padoe,” terangnya.

Sebelum mengakhiri sambutanya, Irwan juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh Tokoh dan masyarakat adat Padoe atas penghargaan dan gelar yang diberikan kepadanya.

“Semoga kesempatan dan kepercayaan yang saya terima ini mampu kami jalankan dengan sungguh-sungguh demi menjaga dan mengembangkan tradisi dan nilai-nilai budaya masyarakat adat Padoe,” ucap Irwan. (*)


div>