RABU , 21 NOVEMBER 2018

Wabup Irwan Harap Kominfo Terus Lakukan Pembinaan Penerapan E-Government

Reporter:

Ibrahim

Editor:

Iskanto

Jumat , 26 Oktober 2018 12:40
Wabup Irwan Harap Kominfo Terus Lakukan Pembinaan Penerapan E-Government

Wakil Bupati Bupati Luwu Timur, Irwan Bachry Syam, membuka Sosialisasi Apilkasi "E-Government" atau penyelenggaraan pemerintahan berbasiskan penyediaan data informasi dan media komunikasi.

LUWUTIMUR, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Luwu Timur (Lutim) menggelar Sosialisasi Apilkasi “E-Government” atau penyelenggaraan pemerintahan berbasiskan penyediaan data informasi dan media komunikasi. Layanan tersebut bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur. Kegiatan tersebut dibuka Wakil Bupati Bupati Luwu Timur, Irwan Bachry Syam, di Gedung Wanita Simpursiang, Jumat (26/10/2018).

Dalam kajian Kerangka Teknologi Informasi Nasional (National IT Framework) yang disusun oleh BAPPENAS. Salah satu pilar yang perlu dibentuk adalah Electronic Government (E-Government) For Good Governance dengan tujuan dapat mempercepat terbentuknya suatu pelaksanaan Pemerintahan yang baik, efisien, dan efektif.

Kepala Dinas Kominfo, A. Murphy mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mencapai implementasi aplikasi e-Government demi mewujudkan tata kelola Pemerinrah yang baik dan berbasis teknologi informasi yang dapat meningkatkan efisiensi, efektifitas, transaransi dan akuntabilitas serta sinkronisasi dalam tata kelola penyelenggaraan Pemerintahan dan pelayanan publik.

Dikatakannya, adapun beberapa aplikasi yang telah dikembangkan, antara lain aplikasi e-office untuk persuratan, aplikasi e-Laksa layanan kotak saran anda, green (aplikasi bank sampah) dan simpati-RS (ketersediaan tempat tidur di rumah sakit).

Wakil Bupati Luwu Timur, Irwan Bachri mengatakan, sosialisasi penerapan e-Government ini memang sejalan dengan upaya Pemerintah Daerah untuk memaksimalkan pelayanan berbasis teknologi informasi.

Menurutnya, kebijakan e-Government serta percepatan implementasinya sebagai salah satu program prioritas reformasi birokrasi yang dilatarbelakangi tuntutan terhadap terbentuknya sistem kepemerintahan yang bersih, transparan, dan mampu menjawab tuntutan perubahan secara lebih efektif sudah menjadi satu keharusan di era saat ini. Kalau tidak segera diadopsi kita akan semakin jauh tertinggal.

Orang nomor dua di Luwu Timur ini berharap kepada Dinas Kominfo agar terus melakukan pembinaan yang berkelanjutan sehingga penerapan e-Government ini nantinya tidak mengalami kendala.

Hadir sebagai narasumber Kepala Bidang Pengembangan Aplikasi Manajemen Pemerintah Kota Tanggerang, Adhi Zulkifli. (*)


div>