SENIN , 17 DESEMBER 2018

Wabup Lutim Tegaskan Semua Penambang Golongan C Harus Punya Izin

Reporter:

dedi

Editor:

Kamis , 29 Desember 2016 18:40
Wabup Lutim Tegaskan Semua Penambang Golongan C Harus Punya Izin

int

LUWU TIMUR, RAKYATSULSEL.COM – Usai memantau ke sejumlah lokasi penambangan golongan C di Luwu Timur, Wakil Bupati Lutim, Irwan Bachri Syam, tegas meminta semua semua pengusaha Tambang Golongan C harus mengantongi izin. Sebab hampir seluruh Tambang golongan C di Lutim tak punya izin. Demikian ditegaskannya agar aksi penambangan ini tidak merusak alam.

Sebelumnya, Irwan bersama satpol PP dan penyidik PNS Provinsi Sulsel dan Dinas ESDM Lutim, datang meninjau sejumlah tempat penambangan Golongan C. Hasilnya, pengambilan tambang C tersebut dilakukan secara asal-asalan tanpa memperhitungkan resiko dan kerusakan alam yang akan ditimbulkan.

“Kami Pemerintah tidak bisa membiarkan hal ini. Selain harus punya izin, lubang besar yang ditinggalkan harus dibenahi agar tidak menjadi ancaman bagi nyawa manusia dan runtuhnya tanah dibekas galian tersebut,” ungkap Irwan

Ia juga sudah memerintahkan Kasatpol PP Lutim untuk memanggil semua pengelola tambang Golongan C  untuk segera memperbaiki bekas galiannya. Tak hanya itu, mereka juga harus bertanggungjawab atas rusaknya jalan akibat dilalui kendaraan truk yang keluar masuk mengangkut tambang golongan C.

Jika tidak, lanjut ditegaskan, maka akan diambil langkah tegas. “Kita memang sedang membangun daerah tapi bukan berarti harus merusak sendi lainnya yang merugikan masyarakat,” tandas Irwan

Kedepan, Irwan meminta satpol PP dan camat setempat termasuk dinas Pertambangan harus proaktif melakukan pengawasan. supaya hal seperti ini tidak terulang lagi.

Saat melakukan peninjauan kelokasi tambang, tak satupun ditemukan ada aktivitas penambangan. semua alat berat sudah hilang dari lokasi. (Baim)


div>