SENIN , 28 MEI 2018

Wabup Matra Buka Bimbingan Manasik Haji

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Kamis , 13 September 2012 10:44

RAKYAT SULSEL . MAMUJU UTARA – Wakil Bupati Mamuju Utara, Drs Muhammad Saal, membuka bimbingan manasik bagi calon Haji dari Kabupaten tersebut, Rabu (12/9) kemarin.

Dalam sambutannya, Saal meminta kepada Jemaah Calon Haji (JCH), untuk menjaga ukhuwah Islamiah diantara sesama muslim sebelum dan sesudah sampai kembali di Matra.

”Marilah kita saling menjaga ukhuwah kita, menjaga kondisi kesehatan kita selama di Arab Saudi. Agar kita bisa selamat sampai di  Matra,”ujar Saal.

Sementara itu, Kepala Seksi Penamas Kementerian Agama Matra, Drs. H Rusdin MA, yang mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Matra menjelaskan, bahwa JCH harus mampu lahir dan bathin.

”Kalau hanya mampu dari segi materi, tidak mampu dari segi fisik, yakin saja haji tidak akan sempurna. Untuk tahun 2012 ini saya yakin  persiapan JCH sekitar Rp 50 juta-an, karena belanja yang banyak,” ujar Rusdin.

Ditambahkan, jika kita melaksanakan haji jangan melakukan perbuatan-perbuatan tercela. ”Kalau kita menjadi haji yang mabrur, maka kita akan seperti anak yang baru terlahir ke dunia. Dan tidak ada balasannya kecuali surga. Dan haji merupakan duta-duta Allah SWT,”pungkas Rusdin.

Terpisah, panitia TPHD Kementerian Agama Matra, Rudi, mengatakan, untuk kuota  Matra sebanyak 155 JCH. Sudah termasuk Tim Petugas Haji Daerah (TPHD), Hasanuddin, namun satu orang dikabarkan meninggal dunia.

Ketua rombongan, Sekertaris Korpri Pemkab Matra, yang juga mantan Kabag Kesra, Amir Lahaseng, mengatakan, acara Bimbingan Manasik JCH Matra tahun ini tidak semeriah tahun-tahun kemarin.

”Pada saat saya menjabat Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemkab Matra, seluruh kepala dinas hadir. Mereka takut kepada bupati jika tidak hadir. Ini terkesan biasa-biasa saja. Tidak ada kepala dinas yang hadir. Padahal acara ini penting dan Cuma sekali setahun,” ujar Amir. (k26/dj/C)


Tag
div>