MINGGU , 23 SEPTEMBER 2018

Wabup Sigi ‘Berguru’ Sistem Pariwisata Tana Toraja

Reporter:

Cherly

Editor:

asharabdullah

Sabtu , 09 Juni 2018 14:35
Wabup Sigi ‘Berguru’ Sistem Pariwisata Tana Toraja

Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae saat menerima rombongan dari Pemkab Sigi. Foto: Cherly/RakyatSulsel

TANA TORAJA, RAKYATSULSEL.COM – Wakil Bupati Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah, Paulina datang bersama rombongan melakukan study banding di Kabupaten Tana Toraja tentang pengelolaan pariwisata.

Wabup Sigi bersama rombongam diterima bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae bersama jajaran pemkab di rumah jabatan bupati Tana Toraja, Jumat (8/6) kemarin.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Pariwisata Tana Toraja, Rospita Napa Biringkanae memaparkan tentang kondisi pariwisata Tana Toraja mengatakan bahwa sektor pariwisata Toraja merupakan salah satu penyumbang PAD terbesar di Tana Toraja sejak 2017 lalu, PAD dari sektor Pariwisata telah mencapai Rp1, 67 miliar dan untuk tahun 2018 hingga Mei sudah Rp 1,46 miliar.
“Dan yang paling banyak berkontribusi adalah objek wisata religi Burake dan objek wisata agro Pango-Pango. Kedua objek ini dikelolah oleh pemkab yang terus dikembangkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Wabup Sigi, Paulina mengatakan, kondisi alam Kabupaten Sigi dan Tana Toraja hampir sama. Toraja memiliki potensi wisata yang sangat menjanjikan karena kekayaan budaya.

“Di Sigi kami juga memiliki potensi wisata namun masih kurang dikelolah dengan baik, oleh karena itu, kami ingin belajar dari dua pemkab yang ada di Toraja tentang tata kelolah pariwisata untuk kami coba terapkan di Sigi,” jelasnya. (*)


div>