SELASA , 16 OKTOBER 2018

Wagub Minta PLN Jamin Listrik di KIMA

Reporter:

Editor:

Azis Kuba

Senin , 01 Februari 2016 23:18

MAKASSAR,RAKYATSULSEL.COM – PT PLN Sulselrabar diharapkan mampu menjamin ketersediaan listrik di Kawasan Industri Makassar (KIMA). Hal itu diungkapkan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Agus Arifin Nu’mang usai meninjau Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Tello, Senin (1/2).

Agus berpendapat, KIMA merupakan tempat kegiatan produksi berlangsung dan terdapat barang-barang yang ingin diekspor. “Kalau ini mundur, maka akan merugikan sektor industri. Belum lagi kapal yang akan masuk pasti akan terganggu,” tuturnya.

Menurutnya, saat ini aktivitas di KIMA cukup tinggi. Paling tidak, kata dia, terdapat captive power (genset) saat terjadi pemadaman di sana. “Paling tidak, PLN bisa menjamin pasokan listrik seperti yang di Rumah Sakit. Saat ini kan kalau terjadi pemadaman PLN terpaksa menjalankan diesel yang biayanya tidak sedikit,” lanjutnya.

Terkait black out yang terjadi beberapa waktu lalu, Agus mengatakan, hal itu disebabkan jaringan listrik di PLTU Jeneponto terkena petir. Sedangkan, kali ini terdapat masalah pada mesin pemanas.

“Yang mana seharusnya mereka (PLN, red) memasok 2×125 MW, tetapi hanya 1×125 MW, sehingga defisit mencapai 125 MW. Ini juga update terakhir PLTU milik Bosowa yang sedang dalam perawatan. Sebentar sudah memulai pemanasan mesin. Pukul 00:00 Wita sudah normal,” terang Agus.


div>