SELASA , 18 DESEMBER 2018

Wagub Sulsel Minta BPBD Intens Tindaki Bencana Alam

Reporter:

dedi

Editor:

Selasa , 13 Desember 2016 20:31
Wagub Sulsel Minta BPBD Intens Tindaki Bencana Alam

Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu'mang.

MAKASSAR, RAKYATSULSEOL.COM – Tingginya curah hujan dalam beberapa hari terakhir ini, membuat beberapa pihak di Pemerinah Kabupaten (Pemkab) maupun Pemrintah Provinsi (Pemprov) melakukan siaga satu untuk menyikapi adanya bencana alam.

Untuk itu, Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang menegaskan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten/kota maupun Provinsi untuk selalu waspada dengan hal tersebut.

“Jadi kita harus waspada atas fenomena alam beberapa hari belakangan ini. Tinggal bagaimana meminimalisasi dampak dari tersebut, terutama daerah yang rawan longsor. Kita minta penduduk waspada, dan seluruh BPBD maupun sulsel selalu siap sewaktu-waktu kalau ada bencana akan siap untuk mengantisipasinya,” ungkap Agus AN, saat ditemui kantor Gubernur Sulsel, Selasa (13/12).

Terkait longsor di Kabupaten Soppeng, Dusun Kessi, Desa Gattareng Toa, Kecamatan Marioriwawo yang terjadi pada Senin, kemarin. Pihaknya telah mengirimkan alat berat untuk menyikapi longsor tersebut.

“Longsor di soppeng, alatnya sudah di mobilisasi kesana. Setelah mendapatkan laporan. Muda-mudahan segera di atasi dan tidak terlalu lama, karena memang sekarang curah hujan tinggi bahkan sampai akhir tahun,” ucapnya.

Sekedar diketahui, akibat longsor tersebit jalan poros Soppeng-Barru tertutup oleh material longsoran. Sehingga, kendaraan yang akan melintas harus mutar arah dan mencari jalan alternatif lainnya.

Sementara itu, Staf Informasi Balai Besar Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) wilayah IV Makassar, Siswanto mengungkapkan, waspada tetap banjir dan longsor, akhir januari intensitas hujan sedang hingga lebat akan terjadi.

“Seperti yang terjadi Luwu, Sinjai, Lutra, Soppeng daerah itu nonjam, di musim kemaraupun tetap hujan. Sudah mendekati puncak musim hujan, di januari,” katanya.

 


div>