KAMIS , 20 SEPTEMBER 2018

Wagub Sulsel: Utamakan Pembangunan Bidang Kependudukan

Reporter:

Editor:

dedi

Kamis , 02 Maret 2017 19:19
Wagub Sulsel: Utamakan Pembangunan Bidang Kependudukan

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu’mang, telah membuka rapat kerja daerah (Rakerda) pada Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga Tahun 2017 Provinsi Sulawesi Selatan di Hotel Four Point By Seraton, Kamis (2/3).

Dalam Kesempatan itu, Agus AN, memaparkan bahwa salah satu faktor penting dalam pembangunan daerah harus dimulai pembangunan dibidang kependudukan, karena pengembangan sumber daya manusia menjadi kekuatan yang efektif dan produktif bagi pembangunan.

Untuk mewujudkan hal tersebut, lanjut Agus AN, harus meningkatkan keterpaduan dan koordinasi pengendalian kelahiran dengan berbagai mitra kerja dan sektor pembangunan seperti bidang kesehatan,  transmigrasi, pengendalian urbanisasi, pendidikan, pembangunan daerah dan penciptaan lapangan kerja.

“Kemitraan merupakan kunci sukses dalam keberhasilan program keluarga berencana yang akan diterapkan sebagai landasan kinerja organisasi untuk menjalin unsur kemitraan didalamnya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Agus AN, program keluarga berencana nilainya masih belum berjalan lebih optimal, itu berdampak pada kecenderungan yang dapat menghambat adanya pembangunan.

“Program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga saat ini masih berada pada pusaran masalah jumlah penduduk yang besar dan kualitas yang masih rendah sehingga kecenderungannya penduduk akan menjadi beban pembangunan,” jelasnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga BKKBN pusat, Ambar Rahayu, meminta pemerintah daerah agar dapat mensukseskan program keluarga berencana melalui salah satunya adalah kampung keluarga berencana.

“Saya berharap agar pemerintah setempat dapat bisa berperan lebih optimal untuk mensukseskan keluarga berencana ini, melalui kampung keluarga berencana,” katanya.

Menurutnya, dengan adanya kampung keluarga berencana tersebut akan memberikan kesempatan kepada penduduk untuk mendapatkan pelayanan program keluarga berencana secara langsung.

“Dengan adanya program tersebut, penduduk saat langsung merasakan program keluarga berencana dengan maksimal karena langsung menyentuh kepada pihak yang seharusnya diberikan,”pungkasnya.


div>