SELASA , 17 JULI 2018

Wajib Kantongi SKCK

Reporter:

Suryadi Maswatu

Editor:

asharabdullah

Jumat , 13 Juli 2018 11:30
Wajib Kantongi SKCK

Dok. RakyatSulsel

Masa pendaftaran daftar caleg sementara (DCS) akan berakhir 17 Juli. Meski demikian KPU masih memberikan kesempatan kepada partai politik (Parpol) untuk melengkapai kekurangan di masa perbaikan.

Humas KPU Sulsel, Asrar Marlang mengatakan, syarat wajib yang harus dipenuhi caleg adalah melengkapi berkas administrasi serta data diri termasuk melampirkan SKCK dari kepolisian.

“Ini SKCK memang wajib, setiap caleg harus menyertakan dalam berkas. Ini bertujuan agar kita bisa tahu track record mereka di masa lalu,” kata Asrar, Kamis (12/7/2018).

Terkait waktu pendaftaran yang tersisa beberapa hari lagi namun belum ada parpol yang mendaftar, Asrar mengaku jika parapol telah memberikan informasi untuk mendaftar pada tanggal 14-16 Juli mendatang.

“Pengurus partai sudah konfirmasi ke KPU untuk mendaftar caleg tanggal 14 Juli 2018. Demokrat, PBB dan PKPI. Sedangkan tanggal 15 Juli Perindo, PPP, PSI, PAN dan Hanura. Serta tanggal 16 Juli 2018 yakni PKB, Gerindra dan PDIP. Juga Golkar, NasDem, Garuda, Berkarya dan PKS,” terangnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Sulsel, Fatmawati mengatakan, KPU mewajibkan calon anggota legislatif Pemilu 2019 untuk mendaftarkan diri melalui Sistem Informasi Pencalonan (Silon).

“Peraturan ini telah dimasukkan dalam draf Peraturan KPU (PKPU) pencalonan. Itu (Silon) wajib,” katanya.

Menurutnya, Silon dimaksudkan untuk mempermudah pengecekan adanya kegandaan data. Nantinya caleg hanya boleh mendaftarkan diri di satu daerah dan melalui satu partai politik peserta pemilu. (*)


div>