JUMAT , 17 AGUSTUS 2018

Wakil Ketua DPRD Dorong Program Pengembangan Desa Wisata

Reporter:

Salahuddin

Editor:

asharabdullah

Selasa , 03 April 2018 16:15
Wakil Ketua DPRD Dorong Program Pengembangan Desa Wisata

Wakil Ketua DPRD Bulukumba, Andi Zulkarnain Pangki.(ist)

BULUKUMBA, RAKYATSULSEL.COM – Wakil Ketua DPRD Bulukumba, Andi Zulkarnain Pangki, meminta Pemerinta Kabupaten (Pemkab) Bulukumba untuk memaksimalkan pengembangan desa wisata di Bulukumba.

Menurutnya, program penguatan dan pengembangan kapasitas sumber daya desa wisata, kampung wisata atau komunitas wisata, merupakan ciri khas Kabupaten Bulukumba yang memiliki value dan merupakan deterensiasi pariwisata berbasis budaya.

“Pemkab semestinya mengubah konsep pengembangan wisata yang tadinya terkonsentrasi hanya di Dinas Pariwisata, dimana terkesan lamban. Karenanya, kami mendorong agar mengubah konsep pengembangan pariwisata dengan melibatkan seluruh SKPD terkait,” ungkapnya saat di Kantor DPRD Bulukumba, Selasa (3/4).

Sebagai contoh, lanjunya, wisata alam di Desa Kahayya, Kecamatan Kindang. Pemkab
harus tanggap dan cepat untuk merancang desain pembangunan infrastrukturnya, tidak hanya wisata alamnya, namun wisata kebun buah dan sayuran.

“Bahkan, tanaman hortikultura lainnya juga sangat memungkinkan untuk dikembangkan melalui konsep dengan melibatkan seluruh SKPD. Bila itu dilakukan, maka, hasil pembangunan akan sangat cepat dan nampak,” jelas Andi Zulkarnain Pangki.

Seperti diketahui, Desa Wisata adalah komunitas atau masyarakat yang terdiri dari para penduduk suatu wilayah terbatas yang bisa saling berinteraksi secara langsung dibawah sebuah pengelolaan dan memiliki kepedulian serta kesadaran untuk berperan bersama sesuai ketrampilan dan kemampuan masing-masing memberdayakan potensi secara kondusif. (*)


div>