SENIN , 22 OKTOBER 2018

Wakil Rektor: Memasuki MEA, Dokter Harus Persiapkan Diri

Reporter:

Editor:

hur

Selasa , 12 Januari 2016 16:10

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Fakultas kedokteran Universitas Muslim Indonesia (UMI), baru saja meyudisium 47 dokter umum yang telah mengikuti uji kompetensi dokter skala nasional, dan 5 orang Sarjana kedokteran yang telah menyelesaikan pendidikan Pre-klinik.

Pengucapan janji dan pengambilan sumpah tersebut berlangsung di Auditorium Al-Jibra UMI. Selasa, (12/1).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Rektor I Bidang akademik -Prof Dr H Sahnur Said MS, Dekan Fakuktas Kedokteran -Prof dr H Syarifuffin Wahid PhD SpPA(K), beserta pimpinan fakultas.

Sahnur Said, mewakili Rektor UMI dalam sambutannya mengatakan, di era sekarang Indonesia telah memasuki Masyarakat ekonomi Asean (MEA). Maka dari itu, Sahnur meminta masyarakat agar mempersiapkan diri, terutama para dokter untuk membendung arus globalisasi yang masuk ke Indonesia melalui MEA.

“Negeri lain seperti Filipina dan Thailand telah menyiapkan dokternya, baik pengetahuan dan prakteknya, untuk memasuki era global. apa lagi negeri kita. Kalau kita tidak siap, akan mengikis kita sendiri. Maka, ayo para dokter, siapkan dan bekali diri anda!” ujarnya.

Sementara Dekan FK UMI, Prof dr H Syarifuffin Wahid PhD SpPA(K) meminta agar para dokter muda untuk bekerja lebih giat. “Jangan bersantai-santai saat berprofesi menjadi dokter. Tantangan berprofesi sebagai dokter itu banyak,” ujarnya.

Syarifuddin Wahid juga mengingatkan agar para dokter muda itu dapat menjaga harkat dan profesi tersebut. “Jangan sampai saat anda menulis resep, anda malah kepikiran bayarannya. Karena kalau sudah seperti itu, maka profesi anda sebagai dokter akan ternodai,” jelasnya.

Di kesempatan yang sama, Dr Andi Riyad Adyatma juga selaku Anggota komisi D DPRD Bone, menyampaikan kesan-kesannya selama menjalani perkulihan di fakultas kedokteran.

“Jadilah manusia yang berguna. Ketika sudah selesai, terserah anda mau berkecimpung di mana. Mau berpolitik, atau di birokrasi, terserah. Yang penting berguna bagi kehidupan manusia.”


Tag
  • MEA
  •  
  • UMI
  •  
    div>