SELASA , 11 DESEMBER 2018

Warga Bulukumba Sambut Api Asian Games

Reporter:

Salahuddin

Editor:

Lukman

Minggu , 29 Juli 2018 15:20
Warga Bulukumba Sambut Api Asian Games

Api Asian Games yang dibawa tim dari INASGIC tiba di pelataran masjid Islamic Center Dato Tiro, Sabtu (28/7/2018).

BULUKUMBA, RAKYATSULSEL.COM – Api Asian Games tiba di Pelataran Masjid Islamic Center Dato Tiro, Bulukumba, Sabtu, (28/7). Seremoni penyerahan Api Asian Games dari panitia pusat Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC), ke Bupati Bulukumba Andi Sukri Sappewali.

Api Asian Games disambut tarian adat ‘Angngaru’. Tarian adat tersebut merupakan sebuah ikrar setia yang dilakukan oleh seorang to barani (prajurut atau panglima perang) dihadapan sang raja. ‘Angngaru’ ini menjadi sumpah setia kepada raja, akan mati mendahuluinya jika ada yang berani menganggu rajanya.

Ribuan warga Bulukumba menyambut kedatangan Api Asian Games di Pelataran Masjid Islamic Center Dato Tiro Bulukumba. Api Asian diterima Bupati Bulukumba Andi Sukri Sappewali dalam bentuk Tinder Box.

“Hari ini, saya terima api Asian Games dipelataran masjid Islamic Center Dato Tiro. Api Asian Games ini akan dibawa ke obyek wisata Tanjung Bira. Saya mengajak masyarakat Bulukumba untuk menyukseskan Asian Games,” kata Andi Sukri Sappewali, didampingi Wakil Bupati Bulukumba Tomy Satria Yulianto, Ketua DPRD Bulukumba Hamzah Pangki, serta forum komunikasi pimpinan daerah.

Usai menyampaikan kata sambutan, Bupati Bulukumba Andi Sukri Sappewali kemudian mengambil api tersebut menggunakan obor (Torch) dan menyerahkan kepada atlet pembawa obor.

Obor api Asian Games akan diarak keliling kota Bulukumba. Di sepanjang jalan yang dilalui api Asian Games, ribuan masyarakat akan tumpah di pinggir jalan melihat dari dekat kirab Api Asian Games.

Kirab api Asian Games merupakan salah satu peristiwa langkah yang menjadi kebanggaan warga Kabupateh Bulukumba. Dari Kota Bulukumba, Api Asian Games ke 18 ini akan diarak menuju kawasan obyek wisata Tanjung Bira. (*)


div>