KAMIS , 15 NOVEMBER 2018

Warga Keluhkan Debit Air Bersih Berkurang

Reporter:

Andi Amril

Editor:

Iskanto

Kamis , 11 Oktober 2018 13:40
Warga Keluhkan Debit Air Bersih Berkurang

area penjual gogos Dusun Jalangnge, Kelurahan Mallawa, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru

BARRU, RAKYATSULSEL.COM – Sejumlah warga area penjual gogos Dusun Jalangnge, Kelurahan Mallawa, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru mengeluhkan kurangnya debit air bersih yang mengalir ke kios dan rumah mereka.

Kekurangan pasokan air bersih dirasakan‎ warga sejak beberapa bulan lalu. Diduga hal ini akibat musim kemarau yang berkepanjangan hingga sekarang.

Namun, dapat dipastikan sejumlah sumber-sumber air yang berada di area sungai dan lereng gunung di Jalangnge telah kering.

“Sudah beberapa bulan ini, air mengalir tetapi tidak normal. Sehingga kadang kami pake air galon untuk mengimbangi kebutuhan rumah tangga,” kata Iwati (45) ibu rumah tangga yang juga penjual gogos saat ditemui (11/10) di kiosnya.

‎Menurutnya, sumber air didapatkan dari sungai dan lereng gunung Jalangnge yang selama ini memakai mesin pompa. Namun sekarang debit airnya berkurang.

Sementara itu Ranru Nuheng selaku Lurah Mallawa yang ditemui terpisah di Kantor Kecamatan Mallusetasi membenarkan bahwa diwilayahnya tengah mengalami kekurangan debit air.

“Memang untuk saat ini debit air dilokasi itu berkurang. Sebab musim kemarau, akan tetapi bukan berarti tidak ada air sama sekali, disana. Sebab hal ini musiman,”terang Ranru.

“Rata-rata di Jalangnge tepatnya di lokasi penjual Gogos memakai pompa air ada juga yang mengambil air dari Sungai dan sumur bor dari gunung,”tambahnya.

Meskipun begitu, kata dia, belum ada keluhan lansung ke pihak Kelurahan Mallawa terkait kekurangan air bersih.
“Andaikan ada keluhan kami siap antisipasi,” tuturnya.

Lanjutnya, jika tidak ada air yang mengalir sama sekali ke warga disana pihaknya akan siapkan langkah antisipasi dengan bantuan truk air ‎PDAM maupun truk Pemadam Kebakaran yang ada di Kecamatan. “Andaikan sudah tidak ada sama sekali airnya,”tutup Ranru.‎(*)


div>