SABTU , 18 AGUSTUS 2018

Warga Keluhkan Pelayanan E-KTP di Belopa

Reporter:

Irsal

Editor:

asharabdullah

Senin , 19 Februari 2018 16:00
Warga Keluhkan Pelayanan E-KTP di Belopa

Suasana di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Luwu. Foto: Irsal/RakyatSulsel

LUWU, RAKYATSULSEL.COM – Sejumlah warga Kabupaten luwu mengeluhkan pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Luwu, salah satunya keterlambatan pencetakan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).

Pasalnya, permohonan untuk pembuatan e-KTP yang diajukan warga sejak setahun lalu hingga kini belum juga diproses. Alasannya, karena blanko tidak mencukupi.

“Sudah satu tahun lebih, e-KTP saya belum jadi dan alasannya tidak ada blakonya,” ungkap salah satu warga yang enggan dibeberkan namanya.

Dia menambahkan, sejak November 2016 lalu dirinya sudah melakukan perekaman data oleh pegawai Disdukcapil Luwu.

“Sampai sekarang, kalau ke mana-mana saya selalu bawa surat keterangan KTP sementara yang seukuran kertas HVS. Itupun sudah tidak berlaku lagi,” ujarnya.

Dia mengaku bahwa dirinya telah berkali-kali datang untuk memngurus e-KTP namun hasilnya tetap nihil.

“Saya sudah beberpa kali saya datang kesini (Disdukcapil Luwu, red) namun hasilnya tetap sama. Saya agak heran karena ada beberapa tetangga saya yang sudah dapat KTP-nya, padahal mereka belakangan mengurusnya, ini kayaknya dibeda-bedakan,” jelasnya.

Menanggapi hal itu Kepala Sekdi (Kasi) Identitas Disdukcapil Luwu, Dirman menjelaskan soal keterlambatnnya untuk mencetak e-KTP karena tidak adanya blanko.

“Untuk tahun 2016, memang tidak ada blanko dan untuk tahun 2017 blanko hanya 8000 saja, jadi kota hanya melayani yang cepat datang,” jelasnya. (*)


div>