RABU , 12 DESEMBER 2018

Warga Pangkep Percaya Hanya IYL-Cakka Bisa Bebaskan Pungutan Sekolah

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Senin , 02 April 2018 14:51
Warga Pangkep Percaya Hanya IYL-Cakka Bisa Bebaskan Pungutan Sekolah

Ichsan Yasin Limpo melakukan kampanye tertutup di Kabupaten Pangkep, Senin (2/4/2018) siang. (ist)

PANGKEP, RAKYATSULSEL.COM – Program pendidikan berkualitas secara merata tanpa pungutan yang dijadikan komitmen Ichsan Yasin Limpo – Andi mudzakkar (IYL-Cakka), juga sangat dinantikan masyarakat Pangkep.

Itu terungkap saat Ichsan Yasin Limpo melakukan kampanye tertutup di Kabupaten Pangkep, Senin (2/4/2018) siang. Di depan ribuan warga, Ichsan berulangkali bertanya mengenai pungutan di sekolah.

Warga yang hadir, kompak menjawab jika berbagai jenis pungutan atau sumbangan di sekolah masih seringkali membebani. “Masih ada Pak,” jawab ribuan warga sebelum Ichsan mengurai mengenai programnya.

Di depan warga, Ichsan Yasin Limpo menyampaikan, ketika terpilih nantinya, maka tidak ada satu sen pun ada pembayaran di sekolah negeri maupun swasta di Sulsel.

“Mulai SD, SMP dan SMA/SMK di Sulsel, tidak akan ada lagi pembayaran. Karena semua ditanggung pemerintah. Termasuk juga kualitas pendidikan itu harus merata,” tegas Ichsan Yasin Limpo.

Pelopor pendidikan gratis di Indonesia ini mengurai, saat ini dana bos SD itu 800 ribu per siswa. SMP 1 juta per siswa, dan SMA/SMK 1,4 juta/siswa.

“Atas izin Allah kami menjadi pemimpin di Sulsel, maka pemerintah provinsi akan memberikan subsidi 1,5 triliun per tahun. Lewat ini, maka siswa SD bisa mendapatkan alokasi 1 juta per siswa. SMP 1,5 juta, dan SMA/SMK 2,4 juta per siswa,”lanjut Ichsan.

Ia menambahkan, semua kandidat bisa menjanjikan program pendidikan gratis. Tapi harus diingat, hanya yang berpengalaman yang bisa mewujudkan hal tersebut.

“Cobaki tanya keluargata yang ada di Gowa dan punya anak masih sekolah, apakah mereka membayar atau tidak.
Jadi kalau mau ki bebas pungutan di sekolah, jawabannya dukung ki Ichsan-Cakka,” imbaunya.

Ada 18 program strategis dan 4 program unggulan yang akan dilaksanakan pasangan Punggawa Macakka ketika terpilih nanti. Diantaranya adalah program pendidikan berkualitas tanpa pungutan dari SD hingga SMA/SMK, rumah produktif dan pembangunan infrastruktur jalan dan pertanian.

Terkait itu, Warga Pangke, Sukmawati mengaku tak sabar menanti program pendidikan Punggawa Macakka. Ibu dua anak ini mengungkapkan, selama ini ia masih mengeluarkan biaya untuk sekolah anaknya.

“Saya berharap pak Ichsan bisa terpilih, sehingga program pendidikan gratis betul betul dirasakan oleh masyarakat pangkep,”tutur Sukmawati.

Sementara itu, Tokoh masyarakat Pangkep H. Abdul Rahman Assagaf yang hadir mendampingi Ichsan Yasin Limpo selama kampanye di Kabupaten Pangkep menuturkan, Punggawa Macakka adalah sosok pemimpin yang memiliki Integritas dan komitmen serta selalu hadir untuk rakyat.

“Ingatki, memilih pemimpin itu tidak seperti memilih ketua. Tetapi memilih pemimpin itu harus memiliki intergritas dan komitmen untuk kepentingan rakyat,”terang mantan Wakil Bupati Pangkep ini. (*)


div>