JUMAT , 19 OKTOBER 2018

Warga Puas Kinerja DIA

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Selasa , 20 Desember 2016 10:16
Warga Puas Kinerja DIA

MUHAIMIN/RAKYATSULSEL/D REFLEKSI AKHIR TAHUN. Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto menjelaskan kegiatan Pemerintah Kota Makassar selama setahun pada acara Refleksi Akhir Tahun Pemerintah Kota Makassar Tahun 2016 di Hotel Gammara, Jl Metro Tanjung Bunga, Senin (19/12).

Selama dua tahun tiga bulan, Masyarakat Kota Makassar cenderung puas dengan kepemimpinan Wali Kota Moh Ramdhan ‘Danny’ Pomanto dan Wakil Wali Kota Syamsu Rizal (Deng Ical).

Hal tersebut diketahui pada diskusi Refleksi Akhir Tahun 2016, yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar di Hotel Gammara, Senin (19/12). Seluruh jajaran lingkup Pemkot Makassar nampak hadir dalam diskusi ini. Selain Danny dan Deng Ical, turut hadir dalam diskusi itu Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkominda), Kepala SKPD Pemkot Makassar, Seluruh Lurah dan Camat serta Direksi Perusahaan Daerah Milik Pemkot Makassar.

Pada kesempatan ini, Danny Pomanto tampil sebagai pembicara, bersama Pengamat Pemerintahan Nasional Effendi Gazali dan Direktur Celebes Research Center (CRC) Herman Heizer.

Pencapaian target program kerja Pemerintah Kota Makassar yang telah tertuang dalam program Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dikupas habis dalam diskusi refleksi akhir tahun 2016 ini.

Dari hasil refleksi, terungkap bahwa mayoritas warga Makassar menyatakan kepuasannya terhadap kinerja pasangan bertagline DIA ini berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Celebes Research Center (CRC) pada September 2014, Juli 2015, April 2016, dan November 2016.

Direktur CRC Herman Heizer menyampaikan, secara umum hasil survei yang dilakukan oleh lembaganya menunjukkan angka yang menggembirakan terhadap 200 pertanyaan yang diajukan kepada responden.

Empat periode survei memperlihatkan tingkat kepuasan masyarakat yang terus meningkat. Lebih dari 50 persen responden menjawab cukup puas terhadap pertanyaan menyangkut kinerja Wali Kota Makassar, seperti pada September 2014 menjaring 53.3 persen, Juli 2015 sebanyak 57.1 persen, April 2016 sebesar 68.3 persen, dan 72.6 persen di bulan November 2016.

[NEXT-RASUL]

“Survei penting untuk membaca dan menjadi mata serta telinga bagi pemerintah kota untuk menjaring respon dan harapan 1.8 juta penduduk Makassar,” kata Herman Heizer.

Herman juga membeberkan bahwa, CRC melakukan Survei Persepsi Publik terhadap Capaian Kinerja Pemerintah Kota Makassar yang merekam persepsi publik terhadap kondisi aktual, diantaranya kondisi keamanan yang menunjukkan 58.6 persen dinilai semakin baik, kenyamanan warga 77.4 persen, responden menjawab nyaman tinggal di Makassar dan respon pemerintah sebanyak 54.0 persen responden menjawab respon pemerintah baik terhadap kebutuhan warga.

Sementara Wali Kota Makassar, Danny Pomanto menuturkan, selama ini kebijakan dan program pemerintahan yang dijalankan bersama wakilnya Syamsu Rizal didasarkan pada desain dan sistem.

“Kami senantiasa menjalankan pemerintahan secara transparan dan akuntabel. Dari segi kebijakan dan program pemerintah, kami juga tetap berdasarkan kebutuhan masyarakat,” ujar Danny Pomanto.

Selama dua tahun tujuh bulan memimpin Makassar, Danny Pomanto melakukan survei terhadap kebutuhan mendasar warganya. Dari survei itulah Danny meluncurkan salah satu program unggulan di bidang kesehatan. Home Care berbasis Telemedicine (Dottoro ta) yang dapat diakses secara gratis selama 24 jam oleh seluruh lapisan masyarakat.

Selain melakukan survei terhadap tingkat kepuasan warga, CRC juga mengukur persepsi publik terhadap program unggulan pemerintah kota seperti Makassar Tidak Rantasa (MTR) yang menunjukkan 88.8 persen warga Makassar mengenal program MTR. Sementara di bidang kebersihan sebanyak 92.1 persen responden menilai Makassar semakin bersih. (D)


Tag
div>