RABU , 15 AGUSTUS 2018

Warga Pulau Kapoposang Pangkep Bebas Malaria

Reporter:

Atho

Editor:

asharabdullah

Jumat , 27 April 2018 09:29
Warga Pulau Kapoposang Pangkep Bebas Malaria

Pulau Kapoposang. (ist)

PANGKEP, RAKYATSULSEL.COM – Pulau Kapoposang, Desa Mattiro Ujung, Kecamata Liukang Tupabbiring, Kabupaten Pangkep, selain terkenal keindahannya juga dikenal sebagai pulau dengan tingkat pasien malaria yang tinggi.

Namun pemikiran sebagai pulau dengan penyebaran malaria tertinggi di Pangkep tersebut perlahan ditinggalkan, sejak dua tahun terakhir. Angkapasien malaria terus mengalami penurunan, bahkan di tahun 2018 ini Pulau Kapoposang ditetapkan sebagai pulau bebas malaria.

Kepala Puskesmas Sarappo, Hasan Basri, yang ditemui, Kamis (26/4) mengaku jika saat ini pulau yang terkenal dengan pasir putihnya tersebut sudah terbebas dari malaria. Selain karena adanya penyuluhan kesehatan, bantuan ribuan kelambu juga dipercaya menekan angka penyakit mematikan tersebut.

“Teman puskesmas selain rutin penyuluhan, angka malaria dapat ditekan juga berkat bantuan ribuan kelambu, bahkan sekarang kita bebas malaria,” ungkapnya.

Selain malaria, lanjut Hasan Basri, sejumlah penyakit juga kerap diderita masyarakat di pulau dengan populasi 130 kepala keluarga tersebut, masih dapat ditangani.

“Ada juga penyakit gatal dan ispa sering terjadi wilayah kerja puskesmas ini tapi itu dapat kita tangani,” jelasnya. (*)


div>