SENIN , 16 JULI 2018

Warning, Bawa C6 Tak Bawa Identitas, Pemilih Bisa Disoal

Reporter:

Editor:

Niar

Selasa , 26 Juni 2018 19:49
Warning, Bawa C6 Tak Bawa Identitas, Pemilih Bisa Disoal

int

PAREPARE, RAKSUL.COM-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Parepare mewarning kepada pemilih untuk tidak lupa membawa surat pemberitahuan memilih atau C6 beserta identitas, saat berangkat ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Identitas yang dimaksud, berupa KTP atau Surat Keterangan yang dikeluarkan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

Hal itu dikarenakan, pihak KPPS akan mencocokkan, apakah benar yang membawa C6 itu adalah orang yang sesuai dengan yang tertera dalam KTP tersebut. jelasnya.

Kendati demikian, para pemilih tak perlu risau jika tak memiliki C6 karena KPU memprioritaskan penggunaan KTP Elektronik atau surat keterangan dari Disdukcapil.

Lalu bagaimana dengan pemilih yang hanya mempunyai C6, namun tak mempunyai KTP elektronik atau surat keterangan?, Komisioner Divisi Teknis KPU Parepare Sudirman menegaskan pemanfaatan Panwas, dan saksi-saksi.

“Kalau ada pemilih yang hanya membawa C6 namun tidak mempunya KTP elektronik atau surat keterangan, maka pihak KPPS bisa meminta keterangan dari panwas atau saksi, apakah mengenal orang yang bersangkutan atau dengan kata lain, sudah tepatkah orang yang membawa C6 untuk nyoblos itu. Jika dikenal, maka dipersilahkan menggunakan hak pilihnya, namun jika tak dikenal, KPPS patut mencurigai dan menyerahkan kepada Panwas untuk diproses,” tegas Sudirman, dibenarkan Ketua KPU, Nur Nahdiyah, Selasa, (26/6/2018). (*)


div>