JUMAT , 19 OKTOBER 2018

Waspada! BlackBerry Anda Gampang Di-Hack, Begini Modusnya

Reporter:

Editor:

Azis Kuba

Minggu , 27 September 2015 01:07
Waspada! BlackBerry Anda Gampang Di-Hack, Begini Modusnya

int

MAKASSAR,RAKYATSULSEL.COM – Awak redaksi Rakyat Sulsel digegerkan dengan pesan personal di aplikasi BlackBerry Messanger (BBM), Sabtu (26/9/15). Salah reporter yang bertugas di Luwu Utara, Rizal Muthahhari tiba-tiba meminta pulsa Rp 100 ribu kepada hampir semua wartawan dan redaktur Rakyat Sulsel seluruh kabupaten/kota.

Awalnya, sejumlah kru redaksi mendapat pesan yang menyebutkan permintaan pulsa 100 ribu. “Tolong kirimkan pulsa no 082346871891 telkomsel 100rb, nanti sy ganti uangta” tulis dalam pesannya.

Dua orang menganggapnya itu adalah permintaan Rizal dan tanpa curiga menuruti permintaan itu.

Belakangan diketahui, ternyata ada banyak orang yang dimintai pulsa oleh BBM bernomor PIN 2ACA39B3 dan nama tidak berganti dari pemilik asli.

Selain minta pulsa BBM, juga mengirim pesan berantai Broadcast yang berisi bikin penasaran, berikut isinya:

Pasangan Artis Aura Kasih bersama mantan pacar Mesum di Hotel Mega Jakarta Tertangkap Kamera akan berlanjut persidangan, dan bukti percakapan Blackberry Messenger, cepat dinonton sebelum linknya di blokir oleh RIM Blackberry Messenger dikarenakan video ini sangat rahasia Untuk melihat Video Kunjungi Alamat tersebut
http://by-one.3eeweb.com/ #bantu bc ke teman yg lain yaa

Dengan isi pesan Broadcast yang cukup aneh itu tak hanya dikirim satu kali tapi empat kali dengan durasi waktu yang berdekatan.

Nah, penipuan ini pun terkuak setelah muncul pesan berantai Broadcast yang menyatakan bila PIN BB Rizal dihack.

“Pin bb rizal lutra di hack… hati2, yg menggunakan pin bb rizal sekarang modus minta tolong ke semua teman yang di kontakx rizal untuk dikirimi pulsa”

Rizal kembali menginvite dengan nomor PIN baru dan mengatakan bila BBM-nya dibajak. “Maaf BBM saya dibajak, ” katanya.

Rizal mengaku bila didirinya mendapat broadcast seperti itu dan tidak menyadari bila itu adalah phising. Ia pun membuka link dengan alamat http://by-one.3eeweb.com/ itu karena penasaran. Kemudian memasukan nama dan password BlackBerry ID sesuai permintaan.

Setelah itu, dengan cepat kontak di blackberry miliknya ter-restore hingga benar-benar sign out. Disini, si penipu berhasil membajak milik korbannya ini dan leluasa mengirimkan pesan ke semua kontak yang ada didalam.

Tampilan laman link yang dikirim oleh si penipu itu, berisikan tulisan dan logo BlackBerry. Teradapat tulisan yang mampu mengelabui korbannya. “Video ini Terhubung dengan BBM. Untuk Keamanan Video, Silahkan Login Terlebih dahulu Menggunakan ID Anda:” Juga terdapat kolom untuk mengisi Username dan Password. Jangan mengisinya.

 


div>