Minggu, 26 Maret 2017

Orang Tua Diminta Perketat Pengawasan

Waspada Pelaku Kejahatan Terhadap Anak

Selasa , 21 Maret 2017 10:44
Penulis : Ashar Abdullah
Editor   : doelbeckz
Ilustrasi.
Ilustrasi.
MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM - Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak dan Perlindungan Anak, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Sulsel, Meisy Papayungan, mengimbau para orang tua di Sulsel lebih memperketat pengawasan terhadap anak. Imbuan ini menyusul terbongkarkan group media sosial Facebook pelaku kejahatan anak.

Meisy mengimbau orang tua mengajarkan anak sejak dini, agar tidak sembarangan dalam bergaul dan melindungi diri sendiri. "Dalam artian, hal-hal yang kecil misalnya, dilarang buka baju di depan umum, jangan berbicara dengan orang asing," ungkapnya diberitakan Rakyat Sulsel, Selasa (21/3).

Pasca terbongkarnya, Official Candy's Group, grup Facebook yang berisi konten negatif, DPPPA Sulsel meminta para orang tua mengawasi lingkungan anak termasuk pergaulan mereka.

Menurutnya, orang tua bisa mengajak anak melakukan aktivitas sepulang sekolah, dengan mengobrol bersama menanyakan apa saja yang dilakukan seharian.

"Tanpa disadari oleh anak, mereka akan bercerita. Ajak anak lebih terbuka lagi sehingga ketika anak mendapat perlakuan yang tidak pantas segera diadukan," ujarnya.

Meisy menyebutkan, grup-grup di Facebook yang berisi konten tidak pantas hingga aktivitas eksploitasi anak adalah aksi kriminal atau cyber crime. Kasus ini masuk dalam ranah hukum dan menjadi wewenang kepolisian.
Sementara itu, DPPPA juga berharap pengawasan ketat bisa dilakukan Dinas Komunikasi dan Informasi.

"Kami hanya dapat memfasilitasi dan memberikan edukasi, agar orang tua memberikan pemahaman pada anak, menjaga diri agar tidak menjadi korban pelecahan seksual dan sebagainya," paparnya.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*