SELASA , 16 OKTOBER 2018

Waspada Virus Zika dan DBD, Ini Pesan Gubernur Sulsel

Reporter:

Editor:

Azis Kuba

Senin , 15 Februari 2016 17:21

MAKASSAR,RAKYATSULSEL.COM – Terkait maraknya penyakit demam berdarah dengue (DBD), Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo mengingatkan, jangan ada kepala rumah sakit (RS) atau pun kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM/Puskesmas) yang menolak pasien.

“Tidak boleh ada kepala Puskesmas kepala rumas sakit, dan lainnya yang menolak pasien. DBD harus segera ditangani sesuai dengan prosedur,” katanya, Senin (15/2)

“Kita tidak mengenal virus Zika. Virus apa saja harus bisa dikendalikan. Saya kira kita sudah siap. Untuk semua virus kita sudah kendalikan,” imbuhnya.

Menurutnya, sinkronisasi langkah pelayanan kesehatan antara pemerintah provinsi, kabupaten, dan rumah sakit sangat penting agar tanggung jawab dan dukungan bisa lebih terarah.

“Makanya, kita tentukan sekarang zona merah, zona kuning, dan zona yang masih hijau. Hari ini dibentuk desk yang menyikapi satu dua bulan ke depan sesuai dengan kebutuhan,” ungkapnya.

DBD dan bentuk epidemik lain termasuk Zika, lanjutnya, harus bisa dikendalikan bersama rumah sakit, klinik, dan puskesmas.

“Mereka harus punya pola penanganan dan agenda aksi. Kita beradu cepat dengan penyakit. Kalau kita lihat di Sulsel saat ini kita mampu kendalikan,” tutur Syahrul.


Tag
  • DBD
  •  
  • Zika
  •  
    div>