SENIN , 18 DESEMBER 2017

Waspadai PPK/PPS Partisan

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Jumat , 27 Oktober 2017 13:15
Waspadai PPK/PPS Partisan

KPU

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Banyak cara bisa dilakukan pihak yang berkepentingan di pilkada untuk memenangkan pertarungan. Salah satunya dengan menempatkan orang-orangnya di struktur lembaga penyelenggara pemilu.

Tidak tertutup kemungkinan, calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)
dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang mendaftar di KPU adalah titipan dari pihak tertentu. Karenanya, KPU ketika melakukan proses seleksi dituntut untuk berhati-hati.

Komisioner KPU Sulsel Divisi Hukum, Khaerul Mannan, mengatakan, pihaknya sudah menginstruksikan kepada KPU kabupaten kota agar selektif dalam rekruitmen, untuk menghindari hal yang tak diinginkan.

“Perlu saya tegaskan, berkaitan dengan rekruitmen PPK/PPS, KPU harus melakukan dengan sangat ketat. Jangan sampai kecolongan,” tegas Khairul, Kamis (26/10) kemarin.

Dalam proses tahapan seleksi, jelasnya, sangat diperhatikan calon titipan. Orang-orang yang tidak memiliki komitmen juga akan digugurkan. Dalam tahapan, sangat diperhatikan potensi calon PPK/PPS serta wawancara dan latar belakang keseharian, sehingga mempermudah pengawasan di pilkada.

“Proses berjalan, kita akan menggali kemampuan, wawasan, kompetensi para calon PPK/PPS. Hal lain adalah menggali semua pokok persoalan kepribadian pada saat wawancara,” jelasnya.

Ia mengaku tidak ingin ada masalah di kemudian hari, hanya karena adanya permasalahan pada tingkat PPK dan PPS. Hal tersebut berdasarkan pengalaman sebelumnya.


div>