Legislator Doktor Pertama di Takalar

Wawancara Khusus Bersama Wakil Ketua DPRD Gowa, Rahman Syah | Rakyat Sulsel

Wawancara Khusus Bersama Wakil Ketua DPRD Gowa, Rahman Syah

Kamis , 21 Juni 2012 10:49
Total Pembaca : 655 Views

Baca juga

Legislator Doktor Pertama di Takalar

 

RAKYAT SULSEL . Keberhasilan Wakil Ketua DPRD Gowa meraih gelar Doktor merupakan buah dari perjuangan yang tidak kenal lelah dan pantang menyerah. Bayangkan saja, eksistensinya sebagai wakil rakyat selama dua periode (2004-2009, 2009-2014) tidak membuatnya larut hingga melupakan studi dan menyelesaikan S3 di UNM. Jadi, sangat wajar bila banyak kalangan terpikat dan kagum atas keberhasilannya itu. Untuk mengetahui lebih jauh bagaiman perjuangan Ketua PDK Gowa ini dalam meraih gelar Doktor Sosiologi di UNM baru-baru ini. Berikut petikan wawancara khusus Wakil Ketua DPRD Gowa, Dr. H Rahman Syah MSi dengan wartawan Harian Rakyat Sulsel, Muchtar Suma.

+  Anda adalah legislator yang bergelar Doktor pertama di Kabupaten  Gowa, tanggapan  Anda?

-Ini proses biasa dalam penyelesaian studi S3. Sehingga saya berharap dengan kondisi ini saya bisa lebih bermanfaat bagi masyarakat dan lembaga DPRD Gowa yang saya naungi saat ini.

+  Apa ada beban yang  dirasakan dengan gelar akademik yang baru disandang?

_ Gelar akademik bukan jaminan menjadi legislator paripurna. Banyak contoh kasus, legislator di Indonesia memiliki gelar akademik yang luar biasa tetapi banyak melakukan penyimpangan. Jadi bagi saya sebaik-baiknya adalah ilmu yang dimanfaatkan untuk orang lain. Sehingga saya harus bisa menjadi solusi dan kontributif di dewan dalam menjalankan fungsi seoptimal mungkin.

+ Sejak kapan anda menjadi mahasiswa program S3 di UNM?

-Saya masuk sejak tahun 2009. Alhamdulillah saya bisa selesai dalam waktu 2,7 tahun dengan mengambil disiplin ilmu Sosiologi.

+ Kenapa anda memilih jurusan itu?

-Sengaja saya mengambil jurusan itu untuk menambah dan menimba ilmu utamanya kita belajar tentang manusia yang hubungannya dalam sosial kemasyarakatan karena tidak ada sekolah spesialis legislator seperti guru, perawat, dan pengacara. Lagian saya ini adalah wakil rakyat yang mengemban amanah dan tugas berat untuk memberikan problem solving bagi masyarakat yang membutuhkan khususnya di Kabupaten Gowa.

+ Bagaimana resepnya sehingga anda bisa menjalankan studi S3 dengan tetap menjalankan tugas di DPRD Gowa?

_Untuk menjalankan kedua aktivitas saya agar tidak terjadi tabrakan, maka saya menyesuaikan antara rapat di kantor dewan dengan perkuliahan di kampus. Dengan pola seperti ini Alhamdulillah semuanya bisa berjalan normal tanpa ada yang terbengkalai.

+Apa kunci dari keberhasilan anda melakoni aktivitas keseharian hingga meraih gelar Doktor?

_Kuncinya adalah mendekatkan diri kepada Allah SWT sebagai orang yang beragama, menjunjung modal dasar kesuksesan yakni kejujuran dan kedisiplinan.

+ Apa target anda ke depan sebagai politisi dengan gelar Doktor di tangan?

_ Sebagai politisi dan kader partai senantiasa menyiapkan diri menyongsong berbagai kemungkinan apapun untuk kemajuan partai yang saya pimpin di kancah perpolitikan ke depan. Dan target saya saat ini adalah bagaimana berbuat maksimal untuk memanangkan pasangan Sayang II pada Pilgub Sulsel 22 Januari 2013 mendatang. Selain itu, juga berkomitmen menyukseskan program pasangan Bupati dan Wakil Bupati Gowa Ichsan Yasin Limpo dan Abd Razak Badjidu untuk kesejahteraan rakyat di Butta Gowa Bersejarah.

+ Apa harapan Anda khususnya kepada anggota DPRD Gowa saat ini?

_Saya berharap teman-temnan di DPRD Gowa meningkatkan kinerja dalam mengemban amanah sebagai wakil rakyat dan harus mampu mengukur kemampuan diri sendiri dan jangan terlalu pede, tentunya banyak membaca buku yang bernuansa sosial kemasyarakatan