SENIN , 22 OKTOBER 2018

WD I FEB UMMA Inisiasi Dibentuknya Lembaga Pemerhati Lingkungan

Reporter:

Ikbal

Editor:

Lukman

Senin , 13 Agustus 2018 13:00
WD I FEB UMMA Inisiasi Dibentuknya Lembaga Pemerhati Lingkungan

Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2014 Provinsi Sulawesi Selatan tentang Perlindungan dan Pelestarian Lingkungan Hidup, Di Kampung Bambu, Dusun Bungung Bungung, Desa Toddopulia, Kecamatan Tanralili, Maros, Minggu (12/08/2018).

MAROS, RAKYATSULSEL.COM – Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muslim Maros (UMMA), Muhammad Nurjaya, S.Sos., M.Si mengimbau kepada masyarakat agar lebih memperhatikan lingkungan hidup.

Hal ini disampaikannya saat menjadi pembicara dalam kegiatan Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2014 Provinsi Sulawesi Selatan tentang Perlindungan dan Pelestarian Lingkungan Hidup, Di Kampung Bambu, Dusun Bungung Bungung, Desa Toddopulia, Kecamatan Tanralili, Maros, Minggu (12/08/2018).

Dalam sosialisasi yang dihadiri oleh ratusan warga tersebut, Nurjaya mengatakan, jika semua elemen harus lebih peka melihat kondisi lingkungan yang saat ini sangat memprihatinkan.

“Kita semua harus sadar akan lingkungan hidup kita, karena kita melihat sekarang ini sangat banyak pengrusakan lingkungan dan kita membiarkannya begitu saja. Darinya itu, mulai saat ini kita mesti berbenah, mulai melakukan gerakan-gerakan lebih peduli terhadap lingkunga kita, guna melestarikannya demi generasi kita selanjutnya, karena melestarikan lingkungan dan kearifan lokal berimplikasi pada semua aspek, misalnya ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, kesehatan dan lain sebagainya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Nurjaya menginisiasi agar dibentuknya lembaga yang khusus bergerak di bidang pemerhati dan pelestarian lingkungan hidup.

“Kami berinisiatif untuk membentuk lembaga khusus yang konsen dalam bidang pemerhati dan pelestari lingkungan hidup dan kearifan lokal. Karena ini juga sangat relevan dengan visi UMMA, terkait kelestarian lingkungan tersebut. Yang tentu, tindak lanjut kedepannya adalah dapat menjalin kerjasama dengan pemerintah desa Toddopulia, terkait dengan hal itu, kami siap memfasilitasi,” ungkapnya.

Sejalan dengan itu, Anggota DPRD Sulsel, Wawan Mattaliu, selaku narasumber pada sosialisasi tersebut mengatakan, jika masyarakat harus sadar akan pentingnya menjaga lingkungan.

“Kesadaran kita semua mesti ditingkatkan, untuk melindungi dan mengelola lingkungan sebagai bagian dari strategi pembangunan berkelanjutan. Kesadaran bersama adalah bentuk pembangunan kita bersama,” tuturnya. (*)


div>