SELASA , 25 SEPTEMBER 2018

WD4 dan Kajur UMI Dilatih Konseling

Reporter:

Editor:

Ridwan Lallo

Kamis , 01 Maret 2018 12:46
WD4 dan Kajur UMI Dilatih Konseling

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL COM – Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar menggelar Pelatihan Konseling bagi Wakil Dekan IV (WD4) dan Ketua Jurusan (Kajur) di lingkup UMI.

Kegiatan yang dilaksanakan di Lembaga Pengembangan Dakwah dan Kampus Islami (LPDKI) UMI itu dihadiri 40 peserta.

Rektor UMI Prof.Dr.Hj.Masrurah Mokhtar, yang membuka pelatihan konseling tersebut mengatakan, jika pelatihan ini penting untuk saling menghargai satu sama lain. “Pelatihan ini penting dan bagus karena melibatkan narasumber dari ahlinya dari Fakultas Psikologi dari Universitas Negeri Makassar (UNM). Walaupun pelatihan ini terlambat tetapi lebih bagus dilaksanakan daripada tidak sama sekali. Apalagi saingan antar perguruan tinggi semakin ketat saat ini,” ujarnya.

Masrurah menjelaskan, dalam berkomunikasi ada 7 jenis bahasa yang dianjurkan dalam Islam. Namun ada 2 jenis yang dikemukakan saat ini, yakni kawlan syadidah (berkata dengan baik, dan kawlan layyinan (kata-kata yang lembut).

“Namun demikian ada satu ungkapan orang Bugis Makassar, setiap ada yang mengejutkannya selalu mengucapkan kata “Muhammad”, baik hal-hal yang baik maupun kejadian yang kurang mengenakkan,” jelasnya.

Masrurah juga berharap agar para peserta bisa memahami orang lain dengan sikap rendah hati, dan menghindari sikap sombong. “Kadang kita terjerumus ke sikap “sombong”, karena memiliki harta, tahta, kasta, jabatan, merasa cantik atau gagah. Jika kita sudah mulai sombong, maka ingatlah dalam diri kita banyak tai, dari kepala sampai kuku,” jelasnya.

Karena itu, kata Masrurah, manusia sama semua disisi Allah Swt. Bahkan Hadis Nabi menyatakan tidak beriman seseroang jika ia tidak memperlakukan orang lain, sama dengan dirinya sendiri.

Selanjutnya dijelaskan ada empat kepribadian yang perlu dimiliki sebagai konselor, yakni teguh, agresif, menyenangkan, pendengar yang baik, dan tenang dalam berbicara.

Ketua LPDKI UMI Dr.HM.Ishaq Shamad menyatakan, tujuan pelatihan Konseling ini untuk memberikan bekal Konseling Praktis bagi para Wakil Dekan IV dan Ketua Jurusan dalam lingkup UMI.

Ia berharapĀ  ke depan, pelayanan terhadap masalah-masalah yang dihadapi mahasiswa UMI dapat ditangani dengan baik. (*)


div>