RABU , 14 NOVEMBER 2018

WNA Tiongkok Serbu Indonesia, Politisi Demokrat Minta Segera Bentuk Satgas

Reporter:

Editor:

dedi

Sabtu , 24 Desember 2016 13:10
WNA Tiongkok Serbu Indonesia, Politisi Demokrat Minta Segera Bentuk Satgas

int

JAKARTA, RAKYATSULSEL.COM – Belakangan ini Indonesia diserbu oleh pekerja asing asal Tiongkok ilegal. Pemerintah pun makin gencar menggelar sidak terhadap mereka. Ketua Komisi  IX DPR RI, Dede Yusuf Macan Effendi menilai, salah satu maraknya kedatangan pekerja asing asal Tiongkok karena adanya bebas visa terhadap 25 negara.

“Jadi ini bebas visa, termasuk meransang kedatangan WNA Tiongkok,” ujar Dede  dalam acara diskusi bertajuk di Balik Serbuan Warga Asing, di Resto. Warung Daun, Cikini, Jakarta Sabtu (24/12).

Karenanya, politikus Partai Demokrat ini berharap kepada pemerintah segera membentuk satuan tugas atau satgas guna menyikapi serbuan buruh kasar asal Tiongkok ini.

Menurut Dede, para tenaga kerja asing harusnya mendapat pengawasan dan perhatian lebih dari pemerintah dalam hal ini adalah Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Hanif Dhakiri.

“Karena itu supaya dibentuk suatu satgas,” katanya.

Sebelumnya, kasus terbaru adalah petugas gabungan Kodim 0905 Balikpapan dan Kantor Imigrasi Balikpapan mengamankan 23 orang WNA asal Tiongkok dari kawasan proyek PLTU Kariangau, Balikpapan, Kalimantan Timur. Mereka diamankan karena tidak bisa menunjukkan dokumen keimigrasian. Dari informasi warga, puluhan pekerja Tiongkok itu bekerja di PLTU Kariangau.(cr2/JPG)


div>