RABU , 21 NOVEMBER 2018

WOW… Ada Puskemas di Pangkep Bisa Layani Pasien 4 Kabupaten

Reporter:

Editor:

dedi

Minggu , 26 Maret 2017 19:45
WOW… Ada Puskemas di Pangkep Bisa Layani Pasien 4 Kabupaten

Petugas kesehatan dari puskesmas Bantimala, saat melakukan pemeriksaan kepada warga di desa terpencil, selain warga pangkep, puskesmas bantimala sendiri menerima pasien dari kabupaten Maros, Bone, dan Barru

PANGKEP, RAKYATSULSEL.COM – Puskesmas Bantimala, yang terletak di Desa Bantimala, Kecamatan Tondong Tallasa, merupakan satu satunya puskesmas di kabupaten Pangkep. Puskemas ini bisa melayani pasien lintas kabupaten. Meski hanya berstatus puskesmas.

Namun tidak tanggung tanggung, layanan kesehatan yang terletak di wilayah pegunungan dan terpencil ini, bisa melayani pasien tidak hanya dari kabupaten Pangkep, namun juga dari kabupaten Barru, Maros, dan Bone.

Kepala Puskesmas Bantimala, dr. Nasrun M.Kes, yang ditemui menjelaskan, Puskesmas Bantimala sendiri merupakan pusat kesehatan yang memang berada di wilayah perbatasan dari 3 kabupaten, yakni Desa Bontomasunggu dan Desa Tondongbua, kabupaten Bone dan desa Bulo-Bulo, Kabupaten Barru.

Meski demikian, Nasrun mengakui jika pihaknya tidak membeda-bedakan asal pasien, pihaknya tetap mengutamakan pelayanan dan penanganan secara gratis.

“Puskesmas kita ini, berbatasan dengan Barru dan Maros, jadi warga dari 2 kabupaten tetangga ini, lebih memilih ke puskesmas disini, daripada harus ke puskesmas mereka, karena jauh,” jelas nasrun.

Dengan kondisi padat tersebut, Nasrun berharap pemerintah kabupaten Pangkep, untuk menambah berbagai fasilitas di puskesmasnya diantaranya penambahan gedung untuk kamar rawat inap, dan rumah dinas bagi perawat yang bertugas.

Saat ini Puskesmas Bantimala memiliki 5 ruangan rawat inap yang diperuntukkan bagi pasien umum dan pasien melahirkan.

Begitupun rumah dinas, yang sudah ada 3 unit, namun hal tersebut masih dianggap kurang, untuk melayani pasien selama 24 jam.

Puskesmas Bantimala sendiri memiliki 8 perawat dan satu dokter umum. Meski terbilang belum cukup. Namun, tetap melayani pasien datang kesini untuk berobat berbagai macam penyakit.


div>