KAMIS , 21 JUNI 2018

Wow…Gaji Legislator DPRD Sulsel Akan Naik Tiga Kali Lipat

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Kamis , 22 Juni 2017 20:42
Wow…Gaji Legislator DPRD Sulsel Akan Naik Tiga Kali Lipat

Ilustrasi (dok. JawaPos.com)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM –  Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kulomo menegaskan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2017 tentang Hak Keuangan DPRD resmi diberlakukan. PP itu sudah diserahkan dan disahkan presiden pada 30 Mei 2017. Dengan begitu, akan bisa diberlakukan pada bulan Juli mendatang.

Adanya peraturan tersebut, legislator akan tersenyum manis, karena mereka akan menerima gaji lebih besar bahkan kenaikannya mencapai tiga kali lipat.

Untuk di DPRD Sulsel, saat ini gaji setiap legislator sebesar Rp23 juta perbulan, jika sudah naik yang maka wakil rakyat akan menerima Rp80 juta perbulan.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Sulsel, Andi Muh Rizal Saleh mengatakan  setelah membaca PP tersebut, maka gaji legislator akan sangat tinggi.

“Saya sudah baca, dan ini memang sangat lumayan tinggi hingga tiga lipat setelah saya hitung-hitung, saat ini gaji wakil rakyat setiap bulannya sekitar Rp23 juta kalau naik bisa mencapai Rp80 jutaan, setalah sata hitung kulkulasi kasarnya,” ungkapnya, Rabu (22/6).

Kendati demikan, lanjut Rizal, untuk kenaikan upah wakil rakyat tersebut, pihaknya akan menyurati Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel untuk menkonsultasikan hal tersebut.

“Kan ini belum berlaku karena suratnya dari pusat belum turun ke kami. Kami akan bicarakan dengan Pemprov Sulsel, paling lambat tiga bulan sudah selesai setelah disitujui oleh Gubernur. saat ini kita  sekarang kita sementara membuat suratnya,” ujarnya.

[NEXT-RASUL]

Rizal melanjutkan, gaji anggota DPRD nantinya juga akan dibuatkan Peraturan Daerah (Perda).

“Itu (Kenaikan Gaji Dewan) harus dibuatkan Perda dan disetujui oleh Gubernur,” ungkapnya.


div>