• Rabu, 26 November 2014
Iklan | Epaper | Redaksi | Citizen Report

Wow..Pengurus Partai NasDem Digaji

Jumat , 01 Juni 2012 10:41
Total Pembaca : 6735 Views

“Larang” Pengurusnya ‘Maccaleg’

RAKYAT SULSEL -- Banyak kalangan memprediksi Partai Nasional Demokrat (NasDem) bakal menjadi rising star atau bintang baru pada Pemilu 2014, mendatang. Dukungan dua taipan media, Surya Paloh dan Hary Tanoesoedibjo membuat partai ini mudah dikenal masyarakat. Iklan

sosialisasinya pun berseliweran di layar kaca.

Hal ini pun membuat pengurus NasDem di daerah, misalnya di Sulsel, mudah merekrut pengurus hingga anggotanya. Mereka mempersiapkan diri dalam Pemilu 2014 mendatang dengan serius. Agar bisa mendulang banyak suara, berbagai strategi telah dilakukan. Mulai menggaji pengurus, memberikan santunan kematian kepada anggotanya, hingga menyarankan pengurusnya untuk tidak “maccaleg’ atau maju di Pemilu.

Sekretaris Partai Nasdem Sulsel, Dahlan Gege mengakui, partai yang mengusung gerakan restorasi atau perubahan itu merupakan satu-satunya partai politik di Indonesia yang menggaji seluruh pengurusnya. Dari pengurus pusat hingga ke daerah-daerah, semuanya digaji. “DPP yang mendesain rencana penggajian pengurus tersebut. Jadi, seluruh pengurus partai akan diberikan upah,” ucapnya kepada Rakyat

Sulsel, Kamis (31/5).

Sayangnya, Dahlan Gege yang akrab disapa Daeng Tojeng itu enggan merinci darimana dana NasDem itu berasal serta rincian gaji bagi para pengurusnya. Namun, hal ini dimaksudkan, kata Daeng Tojeng, agar kader Nasdem, tidak terlalu memikirkan lagi mau maju caleg karena menjadi pengurus sudah diberikan gaji.     ”Pengurus hanya fokus mengurusi bagaimana membesarkan partai dengan merekrut anggota sebanyak-banyaknya. Dan mempersiapkan tokoh-tokoh yang punya kapasitas untuk memenangkan suara dalam even-even pilkada. Sistem di NasDem seperti perusahaan yang mempunyai target,” jelasnya.

Dari situs resmi Partai Nasdem menyebutkan, kelahiran Partai NasDem bukanlah semata-mata hadir dalam percaturan kekuasaan dan pergesekan kepentingan. Tetapi untuk suatu tujuan mulia, yakni: memantapkan eksistensi negara, memperkuat persatuan bangsa, dan meningkatkan kesejahteraan rakyat, mendorong pertumbuhan ekonomi yang tinggi, mendorong keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia. Partai NasDem, bertujuan untuk menggalang kesadaran dan kekuatan masyarakat untuk melakukan Gerakan Perubahan untuk Restorasi Indonesia. Restorasi Indonesia adalah gerakan mengembalikan Indonesia kepada tujuan dan cita-cita Proklamasi 1945, yaitu Indonesia yang berdaulat secara politik, mandiri secara ekonomi, dan berkepribadian secara kebudayaan.

Lalu, apa yang dilakukan oleh partai NasDem dalam rangka menggerakkan restorasi Indonesia yang digembar-gemborkannya sendiri? Ketua Partai NasDem Sulsel, Sanusi Ramadhan mengatakan, guna menggerakkan restorasi secara utuh, sistem di partai yang didirikan 2011, itu berbeda dengan partai-partai lainnya. Pengurus NasDem tidak diprioritaskan untuk mencalonkan diri sebagai anggota eksekutif, legislatif, maupun yudikatif. Tapi, bagaimana pengurus ini mencari orang-orang yang mau mencalonkan, baik itu presiden, gubernur, walikota, dan bupati. “Jika dianggap kompeten, hasil survei dia kuat, maka partai akan membiayai dana kampanye yang dicalonkan NasDem tersebut. Jadi, pengurus disarankan hanya menggaet orang-orang yang potensial,” paparnya saat ditemui di Kantor NasDem Sulsel, Jl Hertasning, kemarin.

Saat disinggung mengenai partai besar yang bergabung ke dalam NasDem, mantan Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah ini membenarkan. Ia mengakui, ada beberapa partai besar yang ada di dalamnya. “Mulai dari Golkar, PDI Perjuangan, PDS, PPP, PAN, Gerindra. Kami langsung mengakomodir di jajaran pengurus setelah mereka menyampaikan keinginannya bergabung dengan partai kami,” ujarnya.

Sebanyak 24 DPD Partai NasDem kabupaten dan kota di Sulsel, sudah terbentuk. Namun, DPD Kabupaten Barru didominasi oleh pengurus dan kader dari Partai Golkar. Sementara di Kabupaten Tana Toraja dan Toraja Utara, tak kurang dari 50 persen lebih pengurus PDS menjadi pengurus Partai NasDem.

Dia menambahkan, target NasDem, menjadi tiga besar di Pilkada Sulsel. Sebanyak 304 Kecamatan se Sulsel telah terbentuk strukturnya. Dengan jumlah anggota yang tercatat saat ini yakni 300 ribu anggota, bahkan untuk pemilu 2014 mendatang NasDem di Sulsel menargetkan 1 juga anggota dan bisa memenangkan pemilu.

Lebih lanjut Sanusi mengatakan, kalau seluruh anggota NasDem yang terdaftar akan mendapatkan bantuan santunan senilai Rp1 Juta jika meninggal dunia. Seperti diketahui, Struktur Parta NasDem, dimulai dari DPP, DPW, DPD Kabupaten/Kota, DPC tingkat Kecamatan, DPRT tingkat Kelurahan, DPRY tingkat Rayon. Sedangkat organisasi sayapnya, Gerakan Massa Buruh (Gemuruh), Liga Mahasiswa NasDem, Garda Pemuda NasDem, Garda Wanita Malahayati, serta Badan Advokasi Partai NasDem.

Pakar Politik dari UIN Alauddin Makassar Muhammad Firdaus mengatakan, rencana penggajian tersebut merupakan strategi politik untuk mengembangkan ekspansi dan soliditas partai menghadapi Pemilu. “Strategi tersebut tepat bagi NasDem sebagai partai baru untuk diakui eksistensinya. Selain itu, partisipasi pengurus agar lebih agresif untuk mengabdi di Partai NasDem,” tuturnya saat dihubungi melalui telepon selulernya, Kamis,(31/5).

Namun, menurut dosen UIN ini, rencana tersebut bukan tanpa resiko. Bisa saja berebut jadi pengurus, namun tanpa niat untuk membesarkan  partai. “NasDem mampu melakukannya. Tetapi, harapannya, ini bukan hanya sekadar euforia semata,” tutupnya.(RS9).


2 Responses to Wow..Pengurus Partai NasDem Digaji

  1. hendra

    Jumat, 8 Juni 2012 at 12:47 PM

    caranya untuk gabung ke Nasdem kabupaten situbondo utk kalangan mahasiswa, gmn y?
    mohon di balas….

    saya pingin gabung,,,,

    hendra..
    no hp: 08980679794

  2. jamaluddin

    Sabtu, 30 Juni 2012 at 12:12 PM

    Program Untuk Sarana dan Prasana Pendidikan

    Partai Nasdem adalah sebuah jalan baru untuk melangkah menuju perubahan, banyak perubahan yang bisa dilakukan misalnya membangun gedung sekolah baru dimana masih terdapat ribuan gedung sekolah nyaris roboh di pelbagai wilayah di Indonesia. Data Kementerian Pendidikan Nasional (2007/ 2008) sungguh memprihatinkan yang menyatakan bahwa di Indonesia masih terdapat 161 ribu bangunan sekolah rusak. Dari jumlah itu, 45 persen di antaranya rusak berat dengan sudut kemiringan mendekati 90 derajat alias hampir ambruk. Kerusakan itu meliputi seluruh jenjang pendidikan mulai dari Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas. Detailnya, gedung SD yang rusak sebanyak 139.461, SMP 16.360 dan SMA 5.693 gedung.

    Dengan membagun dan memperbaiki gedung-gedung sekolah yang rusak dan bahkan yang hampir roboh merupakan satu langkah perubahan. Jika selama ini Partai Nasdem banyak mengeluarkan dana untuk memperkenalkan Partai ini kepada rakyat melalui media yaitu dengan bentuk iklan, alangkah baiknya jika dana tersebut dialihkan untuk membagun gedung-gedung sekolah yang seperti yang disebutkan diatas. Sebab jika langkah seperti ini diambil dan dijadikan sebuah program oleh Partai tentu Partai ini akan lebih dikenal, didengar dan lengket diingatan serta hatinya sebab program yang dijalankan langsung bisa dirasakan oleh rakyat baik itu dampak dan manfaatnya dari keberadaan partai itu sendiri, bila dibandingkan dengan iklan-iklan yang rakyat hanya bisa melihat dan mendengarkannya saja tanpa bisa merasakan efek dan dampaknya secara langsung.

    Sebuah Partai besar bukanlah Partai yang hanya menggunakan iklan-iklan dan slogan untuk memperkenalkannya kepada rakyat. Partai yang besar pula bukanlah partai yang melakukan perubahan ketikan Partai itu menang dan berkuasa. Akan tetapi sebuah Partai yang besar adalah Partai yang menjalankan kebijakan yang bisa dilakukan secara langsung dan hasilnya dapat dirasakan langsung oleh rakyat tu sendiri dan Partai yang besar pula adalah Partai yang melakukan perubahan sejak Partai itu didirikan.

    Berangkat dari sanalah kepada semua kader dan pimpinan Partai Nasdem termaksud saya juga didalamnya mari kita melakukan perubahan, salah satunya adalah melakukan perbaikan, renopasi dan pembangunan terhadap gedung-gedung sekolah yang sudah sangat memprihatinkan seperti yang disebut diatas.

    Salam Restorasi….

    Kader Partai Nasdem : Jamaluddin

    Hp : 082161789738